Apa Saja Fungsi Tombol pada Laptop?


Laptop sebagai komputer jinjing memiliki banyak sekali tombol dengan berbagai fungsinya untuk memudahkan pekerjaan kita. Pengen tahu apa saja fungsi tombol pada laptop? Silahkan disimak.
Tombol Alfabet, angka, dan simbol memiliki fungsi untuk membentuk huruf, kalimat, dan tulisan pada layar komputer. Beserta berbagai angka dan simbol yang dibutuhkan dalam tulisan tersebut. Tombol “Caps lock” memiliki fungsi untuk membentuk huruf kapital, pada huruf yang dihasilkan oleh tombol Alfabet.

Tombol “Backspace” memiliki fungsi untuk menghilangkan satu karakter yang berada di depan kursor pada tulisan apabila terjadi kesalahan penulisan. Apabila tombol ini digabungkan bersama tombol “Ctrl”, maka fungsinya sedikit berubah untuk menghapus satu kata dari depan.

Tombol “Delete” memiliki fungsi menghilangkan satu karakter yang berada di belakang kursor pada tulisan jika terjadi kesalahan penulisan. Apabila digabungkan dengan tombol “Ctrl”, maka fungsinya sedikit berubah, untuk menghilangkan satu kata di belakang kursor.

Tombol “Enter” memiliki fungsi untuk membuat baris baru di bawah baris lama. Fungsi lainnya adalah ketika memasuki sebuah program, maka tombol “Enter” menjadi tanda setuju atas perintah yang diberikan oleh program tersebut.

Tombol “End” memiliki fungsi untuk memindahkan letak kursor pada tulisan ke akhir baris. Apabila tombol ini digabungkan bersama tombol “Ctrl”, maka fungsinya sedikit berubah untuk mengubah layar menuju bagian akhir dari lembar kerja. Tombol “Esc” memiliki fungsi untuk membatalkan perintah yang telah dilakukan di menu, maka seketika layar kembali ke posisi awal.

Tombol “Home” memiliki fungsi untuk memindahkan kursor ke sudut kiri atas atau awal baris. Apabila tombol ini digabungkan bersama tombol “Ctrl”, maka fungsinya sedikit berubah untuk memindahkan layar pada bagian awal dari lembar kerja. Tombol “Page Down” memiliki fungsi untuk menggeser satu garis ke bawah.

Tombol “Page Up” memiliki fungsi untuk menggeser satu baris ke arah atas. Tombol “Tab” memiliki fungsi untuk menggeser kursor dalam satu tabulasi ke arah kanan. Apabila tombol ini terus ditekan, maka kursor akan terus berpindah ke arah kanan.

Berbagai tombol tersebut dapat difungsikan lain bila dikombinasikan dengan tombol lainnya. Ini berlaku ketika Anda menggunakan Office atau program aplikasi desain. Jadi, apa saja fungsi tombol pada Laptop, sama saja dengan tombol yang berada di komputer. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Contoh Puisi Perjuangan Seorang Ibu
Sebelumnya: Daftar Hewan Langka dalam UU
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar