Apa Saja Jenis Kerusakan Hardware

Apa saja jenis kerusakan hardware? Sebagai pengguna PC, ada baiknya mengerti apa saja jenis kerusakan hardware  pada komputer.  Sekarang ini semua orang memakai komputer untuk meringankan pekerjaan.  Dari siswa sekolah, karyawan kantoran, hingga pekerja bengkel menggunakan perangkat modern nan canggih ini. Komputer menawarkan segala solusi pekerjaan administrasi yang ribet menjadi mudah.  Apalagi sekarang di-backup dengan internet, rasanya semua serba mungkin terwujud.

Namun sayangnya, selama ini kita dalam hal penggunaan komputer masih hanya sebatas sebagai pengguna saja. Menyalakan, mengetik, browsing, setelah itu dimatikan lagi. Komputer hanya dipakai untuk kerja atau main game saja, tanpa peduli akan perawatan jangka panjang. Selebihnya, banyak dari kita enggan mempelajari apa itu trouble shooting, karakter spesifikasi PC, dan maintenance. Akibatnya kinerja komputer lama-lama menurun bahkan kerap rusak.

Jika sudah error, kita pun bingung bagaimana memperbaikinya. Akhirnya langsung manggil tukang servis.  Padahal ada kasus-kasus kerusakan hardware pada komputer yang bisa diperbaiki sendiri.

Tak ada salahnya kita selaku pengguna komputer  sejati mulai mempelajari tentang trouble shooting piranti keras pada komputer.  Minimal sedikit mengerti spesifikasi piranti keras dan fungsi-fungsinya. tujuannya agar saat terjadi hal yang aneh pada computer, kita bisa langsung tahu di mana letak kerusakannya.

Berikut ini adalah sedikit uraian tentang masalah troubleshooting piranti keras komputer:

1.  Harddisk Lambat

Kerusakan yang umum terjadi pada komputer usia pemakaian di atas satu tahun antara lain terasa sangat lamban ketika membuka file, butuh sekian detik untuk membuka file yang diinginkan.  Hal ini bisa terjadi karena file di harddisk sudah terlalu banyak.  Solusi singkatnya, coba Anda hapus beberapa file yang sudah tak dipakai atau file document yang tak penting.  Selain itu,  hapus juga program-program yang tak pernah dipakai, agar tak membebani harddisk.

2.  Cepat Panas /over heating

Komputer cepat panas ditandai dengan suara bising dan fan headsink. Suhu komputer yang cepat panas bisa berakibat kerusakan pada hardware lainnya. Solusinya, buka tutup samping casing agar sirkulasi udara bisa masuk. Atau bersihkan debu yang menempel pada fan headsink dan fan PSU.

3.  Blue screen

Monitor juga sering kali tiba-tiba berubah biru semua /blue screen. Kondisi ini biasanya yang bermasalah pada VGA. Solusinya VGA dilepas dari soketnya, kemudian dibersihkan, baru dinyalakan.

Selanjutnya : Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Kering
Sebelumnya: Mengenal Sastra Jawa Kuno
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...