Apa Saja Junk Food yang Merusak Kesehatan?


Teknologi yang maju pesat juga berdampak pada kebiasaan makan dan jenis makanan yang beredar di tengah masyarakat. Tentu saja untuk meningkatkan kesehatan, seseorang harus mengetahui jenis makanan yang sehat, serta apa saja junk food yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Seorang yang tak perhatian pada apa yang dikonsumsinya akan gampang terserang penyakit, atau paling tidak dia mengalami gangguan ringan atau akut pada salah satu organ tubuhnya.

Misalnya ada seseorang yang kesehariannya banyak makan hidangan dengan kolesterol tinggi. Maka secara perlahan dia akan menderita penyakit yang diakibatkan oleh lemak jenuh tersebut. Mengatur pola makan dengan baik merupakan salah satu usaha terbaik untuk menjaga kesehatan.

Sebagian besar penyakit yang diderita oleh masyarakat Indonesia ditimbulkan oleh pola makan yang salah. Sebut saja beberapa penyakit yang diakibatkan oleh kebiasaan yang salah seperti diabetes, gagal ginjal, penyakit kolesterol, asam urat, diare dan sebagainya.

Apa Saja Junk Food itu?

Junk food adalah jenis makanan yang tidak menyehatkan bila dikonsumsi secara rutin tiap hari. Ini disebabkan kandungan dari jenis makanan ini, semisal kalori atau lemak yang tinggi, kadar garam berlebihan, terlalu banyak gula, mengandung banyak zat tambahan, rendah gizi dan sebagainya. Berikut ini beberapa contoh junk food yang sebaiknya dihindari sebisa mungkin antara lain;

1. Jeroan dan daging berlemak

Siapa yang tak suka daging dan jeroan? Umumnya masyarakat Indonesia sangat gemar menyantap makanan dengan lemak tinggi seperti daging berlemak dan jeroan. Boleh saja Anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak ini, namun jangan dibiasakan setiap hari menyantapnya. Sekali atau dua kali dalam sebulan sudah dapat memenuhi keinginan akan santapan yang lezat ini.

2. Gorengan

Ini jenis makanan yang bisa ditemui di setiap pinggir jalanan kota, penjual gorengan selalu ramai dikerumuni oleh pembeli. Sayangnya jenis santapan ini tidak terlalu menyehatkan karena kandungan kalorinya yang tinggi. Terlalu sering makan gorengan bisa mendatangkan penyakit jantung atau diabetes akut.

3. Mie instan

Produk makanan seperti mie instan memang dapat mengenyangkan perut dengan sedikit usaha. Apalagi buat kalangan mahasiswa, mie instan adalah menu penyelamat generasi bangsa ini.

Dengan cepatnya proses pengolahan dan rasanya yang enak, banyak pelajar yang gandrung jenis masakan ini. Tapi mie instan ternyata banyak mengandung garam yang tak baik untuk kesehatan. Selain itu mie instan rendah akan vitamin dan protein, yang merupakan kebutuhan vital bagi pertumbuhan anak-anak atau pemuda.

Sekian pembahasan tentang apa saja junk food yang perlu dihindari agar tetap sehat. Semoga artikel tentang makanan sehat ini menambah wawasan kesehatan keluarga Anda!

Selanjutnya : Hal-Hal Apa Saja Penyebab Onani?
Sebelumnya: Mengenal Bangsa dan Negara Persia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar