Apa Saja Pantangan Bagi Penderita Diabetes?


Berbicara tentang apa saja pantangan diabetes menjadi hal yang menarik bagi orang berpotensi terkena diabetes maupun yang sudah mengidap diabetes.  Penyakit ini termasuk penyakit degeneratif yang disebabkan karena kadar gula dalam darah melebih ambang batas.  Penyakit ini lebih populer disebut sebagai penyakit kencing manis oleh masyarakat awam.

Penyakit ini disebabkan oleh dua faktor, yakni karena faktor genetik yang ditularkan oleh orang tuanya dan faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung gula, dan nasi.  Sampai sekarang, penyakit ini belum bisa disembuhkan, bahkan menjadi pangkal dari penyakit lain, seperti glukoma, gagal ginjal, stroke, dan jantung korener.  Orang yang terlanjur kena diabetes hanya bisa mencegah agar kadar gula dalam darah tak terlalu tinggi.

Orang yang positif mengidap Diabetes Militus, sepanjang hidupnya wajib berpantang makanan agar kadar gula tak meningkat. Selain itu, wajib pula mengikut gaya hidup sehat.  Berikut ini sedikit penjelasan pantangan diabetes.

1.    Membatasi makan nasi

Nasi dianggap pemicu diabetes. Sumber karbohidrat ini mengandung banyak zat gula. Maka dari itu, batasi dulu makan nasi. Sebaiknya nasi diganti dengan sumber karbohidrat lainnya seperti kentang rebus, jagung, atau gandum.

2.    Menghindari makanan manis

Pengidap diabetes disarankan tidak mengonsumsi makanan manis yang berasal dari gula pasir atau gula semut.  Gula pasir memicu naiknya kadar gula dalam darah.  Untuk itu harus diganti dengan gula dari jagung.

3.    Menghentikan kebiasaan merokok

Pantangan berikutnya adalah hentikan kebiasaan buruk yang merusak kesehatan, seperti merokok dan tidur larut malam.  Kebiasaan buruk ini tak ada manfaatnya, malah membuat kondisi kesehatan menurun.

4.    Dilarang minum kopi dan minuman keras

Larangan berikutnya adalah menghentikan kebiasaan minum kopi dan minuman keras. Kedua jenis minuman tersebut sama sekali tak ada manfaatnya bagi tubuh, justru mengundang penyakit baru.

Guna mencegah kadar darah melonjak, pengidap diabetes wajib menjaga pola makan, serta gaya hidup sehat. Berikut ini tips ringkas mencegah diabetes kambuh kembali.

1.    Banyak makan sayur

Biasakan selalu mengonsumsi sayuran hijau agar nutrisi tubuh tercukupi. Kandungan vitamin dalam sayuran, bermanfaat membangun imun tubuh dan menjaga kesehatan organ.

2.    Mengurangi makan nasi

Sumber karbohidrat sebaiknya diganti dengan kentang atau jagung rebus. Jumlah karbohidrat pada kentang setara dengan nasi tapi kandungan gulanya lebih sedikit. Maka sangat ideal untuk pengidap diabetes.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, diimbangi juga dengan rajin berolah raga, dan aktivitas fisik, agar timbunan lemak berkurang.

Selanjutnya : Masa Penjajahan Kolonial Belanda di Indonesia
Sebelumnya: Apa Penyebab Telinga Sakit?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar