Apa Saja Tugas Seorang Admin Staff HRD di Perusahaan?


Berbicara apa saja tugas seorang admin staff HRD di perusahaan sudah diatur dalam uraian jabatan perusahaan.  Job diskripsi merupakan uraian jabatan yang berisi apa saja kewenangan kerja di perusahaan, termasuk batasan tugas dan tanggung jawabnya selama dia bekerja.  Jadi karyawan termasuk staff administrasi HRD tak bisa bekerja dengan sesuka hati atau menolak pekerjaan yang diberikan oleh pimpinannya.

Sedangkan pada devisi HRD / Human Resouce Development, tugas kerjanya hanya sebatas wilayah pengadaan kebutuhan karyawan pada perusahaan, pelatihan karyawan baru dan masih banyak lagi.   Hanya orang-orang yang memiliki kualifikasi khusus yang layak ditempatkan pada devisi HRD. Syarat pendidikan untuk staff Admin HRD adalah S1 psikologi, sedangkan staff adminnya  minimal lulusan D3 sekretaris atau lulusan D3 manajemen perusahaan.

Apa Saja Tugas Seorang Admin Staff HRD?

Secara umum tugas utama HRD adalah mencukupi jumlah karyawan di perusahaan, maksudnya agar membantu kinerja perusahaan maupun instansi.  Agar lebih jelasnya berikut ini adalah sedikit penjelasan tugas seorang admin staff HRD.

  • Input data-data karyawan. Tugas utama admin adalah mencatat nama-nama karyawan biodatanya secara lengkap untuk dijadikan arsip perusahaan. Termasuk juga prestasi karyawan, track record, jumlah besaran gaji, tunjangan dan bonus. Selain itu juga menyusun uraian tugas untuk semua sektor pekerjaan di perusahaan. Misalnya job diskripsi marketing, job diskripsi manager keuangan, dan sebagainya.
  • Penilaian kinerja karyawan. Bersama manager HRD melakukan penilaian terhadap semua kinerja karyawan. Apakah mereka bisa melakukan mengaplikasikan job diskripsinya dengan baik.  Penilaian ini sebagai bahan evaluasi perusahaan terhadap karyawannya.
  • Membuka rekuitmen. Ketika perusahaan membutuhkan tambahan karyawan baru, untuk post-post tertentu.  Maka tugas HRD merancang berapa besar kebutuhan karyawan baru, dan membuka rekuitmen baru.  Tugas HRD mengumumkan lowongan kerja di media masa atau bekerja sama dengan agen pencari tenaga kerja.
  • Menyusun soal-soal ujian. Langkah selanjutnya adalah membuat soal-soal ujian seleksi karyawan. Misalnya soal psikotes, logika dan soal umum. Selain itu juga mengatur jadwal ujian seleksi karyawan.
  • Menyeleksi calon karyawan. Tugas selanjutnya adalah menyeleksi calon-calon karyawan yang memenuhi syarat untuk masuk tahap interview.
  • Membuat kontrak kerja. Tugas lain adalah merancang surat kontrak kerja kepada karyawan baru, karyawan outsourcing. Surat ini berisi pasal-pasal hak dan kewajiban karyawan .

Demikianlah sedikit uraian tentang apa saja tugas seorang admin staff HRD di perusahaan

Selanjutnya : Tanda-tanda HIV AIDS
Sebelumnya: Sejarah Grosir Pakaian Tanah Abang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar