Apa Saja Tugas Seorang Presiden?


Job diskrispsi tentang apa saja tugas seorang presiden selama satu periode, telah dijabarkan dalam undang-undang negara.  Presiden merupakan jabatan negara hasil dari pemilihan umum. Masa tugas presiden Republik Indonesia hanya berlangsung satu periode ( 5 tahun ), setelah itu bisa ikut lagi dalam pilihan presiden sepanjang sudah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh MPR.

Satu periode kepemimpinan dipemerintahan berikut juga kepala negara.  Tugas-tugas presiden Indonesia selaku pemimpin negara cukup berat. Indonesia yang penduduknya lebih dari 250 juta jiwa dan wilayah geografinya sangat luas ini. Menyimpan satu juta masalah yang butuh urgenitas untuk diselesaikan.

Apa Saja Tugas Presiden?

Secara formal tugas utama presiden Republik Indonesia antara lain :

Memimpin kabinet

Setelah dilantik menjadi presiden Indonesia, tugas utama presiden adalah menyusun nama-nama calon menteri yang berkompenten dalam bidangnya. Hak preogratif presiden adalah melantik menteri dan memberhentikan mereka tanpa persetujuan dari DPR.

Para menteri ini bertugas untuk membantu tugas presiden mewujudkan rencana pembangunan nasional yang telah dirancang oleh presiden. Selain memimpin menteri dalam kabinetnya, presiden berkewajiban mengawasi dan mengevaluasi kinerja menteri-menterinya.  Jika kinerja menteri tak sesuai dengan harapan presiden, atau prestasi kerjanya kurang memuaskan. Presiden berhak memperhentikan dan mengganti dengan sosok yang dinilai tepat.

Menetapkan Peraturan Pemerintah

Tugas kedua adalah menetapkan peraturan pemerintah mengenai semua bidang.  Peraturan ini berfungsi untuk keperluan stabilitas perekonomian, politik maupun keamanan.  Sebelum peraturan dibuat, harus ada laporan dulu dari menteri-menteri terkait dan konsultasi dengan penasehat presiden.  Misalnya peraturan pemerintah tentang impor bahan pangan,  moratorium tenaga kerja asing dan masih banyak lagi.

Memberi Keringanan Hukuman

Tugas lain adalah memberikan dispensasi hukuman kepada narapidana. Bentuk dari keringanan hukuman adalah grasi, amenesti dan abolisi.   Sebelum penetapan dispensasi hukuman harus ada pertimbangan dulu dari Mahkamah Agung, Dewan Perwakilan Rakyat.

Melantik Duta Besar dan Konsulat

Sebagai pemimpin negara wajib mengadakan kerja sama bilateral dengan negara-negara lain. bentuk kerjasama bilateral adalah saling menempatkan duta besarnya pada ke dua negara. Fungsi duta besar adalah sebagai perwakilan pemerintah. Maka dari itu tugas presiden adalah melantik duta besar dan konsul sebelum ditugaskan ke luar negeri.

Sekian gambaran umum apa saja tugas seorang presiden.

Selanjutnya : Film Tengah Malam di Bioskop
Sebelumnya: Bahasa Jawa tak akan dihapus karena Mendukung Budaya Jawa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar