Apa Saja yang Dibawa Saat Lamaran Pernikahan?


Pernikahan merupakan sebuah karunia sekaligus penempatan bagi manusia dalam tahapan yang sakral, dewasa, dan mumpuni. Oleh sebab itu, dibutuhkan sesuatu yang harus dibawa agar pernikahan bisa berjalan dengan lancar dan meninggalkan kesan yang baik. Lantas, apa saja yang dibawa saat lamaran pernikahan?

Lamaran Pernikahan

Setiap daerah, terutama di Indonesia, memiliki adat istiadat dan kebudayaan tersendiri yang membuat seorang pria atau wanita harus membawa sesuatu atau barang untuk mengesahkan lamaran tersebut. Proses lamaran sendiri sebenarnya muncul karena adanya pengaruh kebudayaan modern sehingga pasangan tidak langsung menikah, namun diikat oleh suatu hubungan yang dinamakan pertunangan.

Dalam agama Islam, adat lamaran memang ada, namun adat pertunangan dengan jangka waktu yang lama seperti sekarang ini tidak ada. Yang ada hanyalah usaha untuk mengikat janji bahwa dalam waktu dekat, kedua calon mempelai yang sudah melaksanakan proses lamaran akan segera melakukan pernikahan sesuai dengan ketentuan agama, adat, dan negara.

Lantas, barang-barang atau apa saja yang harus dibawa saat lamaran pernikahan? Sebetulnya kembali pada diri atau pribadi masyarakat setempat. Di sebagian wilayah kebudayaan Indonesia, ada yag mewajibkan orang yang melamar untuk membawa seperangkat perhiasan yang menunjukkan bahwa si calon mempelai wanita sudah disahkan untuk menjadi calon pengantin si pria.

Lantas, ada juga adat yang mempersyaratkan makanan sebagai simbol atau tanda jadi lamaran bagi seorang wanita terhadap pria yang dicintainya. Selain itu, masih terdapat berbagai variasi barang atau penganan yang dibawa saat lamaran pernikahan dilangsungkan.

Akan tetapi, yang biasa dibawa pada saat melakukan lamaran adalah tentu saja diri calon pelamar, seperangkat calon mas kawin yang nantinya akan ditukarkan pada saat proses pernikahan, beberapa macam barang keperluan pihak calon mempelai pengantin perempuan yang bersifat umum, buah-buahan dan sayuran, serta beberapa barang yang biasanya diminta oleh pihak perempuan.

Selain mengetahui apa saja yang dibawa saat lamaran pernikahan, Anda juga perlu mengetahui proses lamaran pernikahan dengan benar, dengan adanya saksi yang nanti juga akan menjadi saksi pernikahan, tetua yang dituakan sebagai simbol keagungan pernikahan, dan pihak keluarga yang akan menikahkan.

Selanjutnya : Profil Aderai - Atlet Binaragawan
Sebelumnya: Mengenal Jenis-jenis Jamur Beracun dan Ciri-cirinya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar