Apa Saja yang Memengaruhi Kecepatan Internet


Berbicara apa saja yang mempengaruhi kecepatan internet dipengaruhi banyak faktor. Karena teknologi ini saling terkait antara infrastruktur dan perangkat komputernya.  Kedua elemen ini dalam teknologi IT memiliki peran vital dalam sistem kerja internet.

Internet sekarang ini sudah bagian dari kehidupan masyarakat modern. Sekarang, eranya informasi dengan kecepatan tinggi. Semua manusia di muka bumi ini saling terhubung satu sama lain, sehingga rasanya bumi kian sempit saja. Kehadiran internet menggusur sejumlah pekerjaan konvensional. Internet juga dengan telak membunuh media cetak, ini wujud dari revolusi media.

Namun, sayangnya koneksi internet di Indonesia belum sepenuhnya memuaskan. Kualitas kecepatan internetnya masih tak stabil.  Terkadang kita dibuat jengkel ketika tiba-tiba internet rumah sangat lamban, bahkan sama sekali tak jalan.

Apa saja yang memengaruhi kecepatan internet

Cepat tidaknya internet tak selamanya berasal layanan ISP (Internet Service Provider) saja. Melainkan banyak faktor lain yang mendukung kualitas bandwitch. Berikut ini adalah faktor pendukung kecepatan internet.

•    jaringan

kecepatan internet dipengaruhi oleh kualitas jaringan atau infrastruktur yang terpasang di sebuah negara.  Ada dua jenis jaringan internet yang digunakan sekarang ini. Yang pertama jaringan kabel serat optik. Kabel serat optik lebih unggul dalam transfer data. Selain itu, jaringan jenis ini kualitas koneksinya stabil, bebas gangguan cuaca.

Sedangkan, jenis kedua adalah jaringan wireless, maksudnya jaringan internet ini tanpa menggunakan fungsi kabel, tapi menggunakan gelombang yang dipancarkan dari BTS.  Kelemahan wireless ini koneksinya tak stabil, kecepatan internet bergantung cuaca maupun cakupan gelombangan BTS. Jika wilayah pengguna komputer jauh dari BTS dampaknya koneksi internet makin lamban.

•    perangkat computer

Faktor kedua adalah perangkat komputernya sendiri. Komputer dengan spesifikasi terlalu rendah bisa memengaruhi kecepatan internet. Termasuk, komputer yang sarat dengan aplikasi program, juga berdampak pada beban prosesor sehingga sistem menjadi lamban.

•    aplikasi mesin pencari

Faktor terakhir adalah aplikasi searching engine yang dipakai juga bisa memengaruhi kecepatan dalam menayangkan situs yang dicari. Ada baiknya selalu mengupdate aplikasi mesin pencari, seperti google chrome atau safari.
Itulah penjelasan apa saja yang mempengaruhi kecepatan internet.

Selanjutnya : Tips Pijat untuk Masuk Angin
Sebelumnya: Cara Menjaga Perzinahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar