Apa Saja Yang Termasuk Karakteristik Penelitian Pendidikan?


Segala sesuatu di dunia ini memiliki ciri khas, identitas atau hal yang bisa membuat sesuatu tersebut dikenal dan diketahui. Itulah yang disebut karakteristik. Jika ada yang tidak tahu karakteristik sesuatu, maka dapat dipastikan dia belum mengenal dan mengetahui sesuatu tersebut.

Termasuk pula dengan sebuah penelitian, sesuatu itu bida dikatakan penelitian jika dia memiliki atau memenuhi karakteristik sebagai tulisan hasil penelitian. Jika tidak, berarti dia belum bisa disebut sebuah tulisan penelitian. Dan pada tulisan ini akan membahas fokus pada apa saja yang termasuk karakteristik penelitian pendidikan.

1. Objektivitas

Dalam penelitian harus ada tujuan dan sasaran, dan itiulah yang disebut dengan objektivitas. Jika penelitian itu dilakukan secara terbuka, tidak bias dan tidak mengikuti penalaran secara subjektif, barulah penelitian tersebut mencapai objektivitas. Serta tehnik yang digunakan dalam mengumpulkan data dan menganalisisnya harus memunculkan sebuah interpretasi yang dapat dipertanggung jawabkan

2. Ketepatan

Sebuah penelitian harus memiliki tingkat ketepatan yang tinggi dalam semua langkah pembuatannya. Baik pada desain penelitiannya, pengambilan sampel ataupun tehnik analisisnya. Termasuk juga tehnik pengumpulan datanya harus memiliki validitas dan reabilitas yang memadai.

3. Verifikasi

Maksud dari verifikasi adalah penelitian tersebut dapat direvisi, di konfirmasi, bahkan diulang dengan cara yang sama atau berbeda.

4. Penjelasan Ringkas

Sesuatu yang diteliti biasanya adalah sesuatu yang kompleks. Penelitian itu harus dapat merangkum hal yang kompleks tersebut menjadi lebih singkat namun jelas tanpa menghilangkan informasi apapun.

5. Empiris

Dalam artian bukan dari pendapat atau opini seseorang saja, melainkan berasal dari kenyataan yang konkrit, yang sebenar-benarnya terjadi.

6. Penalaran Logis

Penalaran sendiri merupakan proses berpikir, sehingga sebuah penalaran logis berarti penalaran yang dapat diterima dengan akal tidak berdasar klenik atau hal yang tidak bisa diterima oleh akal.

7. Kesimpulan Kondisional

Kesimpulan penelitian tersebut sifatnya tidak mutlak, tidak absolut. Masih bisa dibenarkan ataupun disalahkan dengan argumen yang lebih valid.

Setelah tahu apa saja yang termasuk karakteristik penelitian pendidikan, pasti dapat menilai mana tulisan yang bisa dikatakan sebagai hasil penelitian atau bukan.

Selanjutnya : Leo Ramalan Hari Ini Tidak Pasti
Sebelumnya: Ruang Lingkup Konsep Operasional Management
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar