Apa Sebenarnya Permasalahan Korut dengan Amerika ?

Apa sebenarnya permasalahan Korut dengan Amerika? Permasalahan ini terjadi karena berkembangnya konflik dua negara tetangga di Korea, yaitu antara Korut dan Korsel. Sebelumnya, bahkan sampai sekarang masih terjadi, perang Korea antara Korut dan Korsel terpicu karena Korut di bawah pimpinan Kim Jong-un melakukan provokasi dan penyerangan artileri ke Korsel. Tentu saja Korsel tidak menerima. Dengan persiapan militer yang mumpuni karena belajar langsung dari Amerika, Korsel pun melakukan serangan balik.

Ini Soal Dukungan

Lantas mengapa Korut jadi bermasalah dengan Amerika? Keberpihakan Amerika kepada Korsel yang menjadi pemicunya. Intervensi Amerika kepada Korsel untuk terus memusuhi Korut masih saja berlangsung. Korut menjadi gusar. Perang antara Korut dan Amerika pun terjadi meski konteksnya bukan perang secara langsung.

Dukungan Amerika kepada Korsel pada akhirnya menyebabkan Korut menganggap Amerika sebagai musuh juga, tidak sekedar pihak luar lagi. Peperangan tidak langsung ini makin parah setelah masuknya Cina dan negara lain yang anti Amerika memberikan dukungannya kepada Korut.

Isu Nuklir Juga Memicu

Namun, apa sebenarnya permasalahan Korut dengan Amerika hanya karena dukungan Negeri Paman Sam itu kepada Korsel dalam perang Korea ini? Ada hal lain juga yang menyebabkan dua negara ini berseteru. Isu nuklir. Korut diam-diam mengembangkan senjata nuklir. Bukan tanpa maksud negara ini melakukan pengembangan nuklir ini secara rahasia meski akhirnya kedoknya terbongkar juga.

Korut tak ingin menjadi daftar gempuran militer Amerika seperti kejadian di Afganistan dan Irak, sekaligus ingin mengamankan rezim Korut. Negara ini juga berharap bahwa pengembangan nuklir yang dilakukan juga bisa membawa efek agar perseteruannya dengan Amerika selesai karena Korut punya posisi unggul dalam negosiasi.

Sayang, Amerika tak menggubris hal itu. Amerika masih menganggap bahwa Korut adalah sarang teroris, sehingga hal itu sangat mengancam keamanan mereka. Peristiwa 11 September yang menjadikan Amerika mengalami kerugian besar benar-benar tak ingin diulangi kembali. Jadi, sebisa mungkin pengembangan nuklir di Korut harus segera dihentikan.

Korut sendiri juga tidak segan-segan secara maksimal terus mengembangkan nuklirnya. Bahkan, negara ini berhasil membuat peluru kendali (rudal) yang memiliki jarak tempuh yang jauh (bisa mencapai Amerika), sehinggamembuat Amerika khawatir akan kondisi ini. Korut tak bisa dibiarkan. Korut tak bisa dianggap enteng.

Apa sebenarnya permasalahan Korut dengan Amerika? Antara dua permasalahan, yaitu dukungan Amerika kepada Korsel sebagai lawan perangnya dalam perang Korea dan adanya isu nuklir yang secara tegas ditolak dan ditanggapi negatif oleh Amerika.

Selanjutnya : Apa yang Menyebabkan Tanah Subur di Lembah Sungai Eufrat dan Tigris ?
Sebelumnya: Apa Saja yang Ada di Dalam Akuntansi ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini