Apa Tujuan Berumah Tangga dalam Islam?


Islam adalah sebuah pemahaman mendasar. Di kala islam dipahami oleh pengembannya maka islam ini akan tercermin di dalam perbuatan dan perilaku kehidupan sehari-hari para pemeluk islam. Termasuk salah satunya adalah bagaimana muslim menjalankan rumah tangga. Termasuk juga adalah apa tujuan berumah tangga dalam islam?

Rumah tangga dalam Islam dijalani ketika seorang pria telah melakukan akad ijab dan qobul dengan wali dari seorang wanita. Di kala inilah, pria dan wanita ini akan menyandang status sebagai suami dan istri.

Di sinilah akan dimulai bagaimana pencapaian tujuan dalam berumah tangga di dalam islam. Jika dijabarkan maka ada dua tujuan utama yang ingin diraih di dalam menjalankan kehidupan rumah tangga di dalam Islam, berikut ini adalah dua tujuan tersebut.

Meraih Ridho Allah Menuju Surga

Banyak sekali dalil yang menunjukan akan hal ini, baik itu ayat Al-Quran ataupun Hadist Rasul. Semua hal yang dilakukan oleh suami ataupun istri di dalam kehidupan rumah tangga yang dijalankan dengan penuh keikhlasan semata maka akan menyebabkan datangnya pahala kepada duanya. Bahkan untuk hal-hal yang dianggap remeh.

Sebut saja, istri tersenyum kepada suami dan membuat suaminya bahagia. Dalam keadaan inilah maka istri akan mendapatkan pahala. Bahkan di dalam urusan berhubungan seksual dinyatakan sebagai sebuah amal ibadah.

Terlebih, ketika sudah dikarunia anak maka pengasuhan dan pendidikan anak ini akan menjadi jalan lain yang lebih lebar untuk mendapatkan ridho Allah. Dan muara dari semua keridhoan Allah ini adalah untuk mencapai surgaNya.

Mendapatkan Keturunan

Hal inilah yang dapat menjadi pembeda dari rumah tangga Islam dan rumah tangga dengan ideologi yang lain misalnya adalah mereka yang berada di dunia Barat. Allah SWT sebagai Pencipta manusia telah menciptakan manusia beserta apa yang dinamakan dengan naluri untuk mencintai, salah satu naluri mencintai ini adalah untuk mencintai pasangannya. Dan inilah yang menjadi awal dari sebuah pernikahan.

Pernikahan inilah satu-satunya jalan yang digariskan di dalam Islam sebagai jalan untuk mendapatkan keturunan. Sehingga tujuan ini akan membawa pada kelestarian dari manusia itu sendiri.

Inilah pula yang menjadikan bagaimana rumah tangga muslim mengharapkan datangnya anak segera setelah pernikahan. Atau bahkan, adanya anak yang banyak jumlahnya. Hal ini karena setiap muslim memahami betapa besarnya pahala di dalam pengasuhan dan pendidikan anak oleh orang tua.

Apa tujuan berumah tangga dalam islam? Dua hal di ataslah sebagai jawabannya.

Selanjutnya : Penyusunan Laporan Praktikum Pembiakan Tanaman Cangkok
Sebelumnya: Mengenal Lapisan Atmosfer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar