Memahami Apa yang Dimaksud dengan Demokrasi Terpimpin


Bentuk sistem politik sebuah negara beragam dan tidak sama antara negara satu dengan lainnya. Di Indonesia pernah mengalami masa pemerintahan dengan sistem demokrasi terpimpin. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan demokrasi terpimpin itu?

Demokrasi terpimpin sering dinamakan sebagai demokrasi yang terkelola merupakan sebuah sistem pemerintahan demokrasi dengan adanya sebuah peningkatan otokrasi. Semua akses negara dikendalikan oleh adanya pemilihan umum, guna menentukan sebuah kebijakan dengan arah yang sama. Pemikiran yang dikembangkan di dalam tata pemerintahan benar-benar dipusatkan kepada pemikiran sang pimpinan.

Pelaksanaan Demokrasi Terpimpin di Indonesia

Demokrasi terpimpin di Indonesia pernah dijalankan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Apa yang dimaksud dengan demokrasi terpimpin pada waktu itu adalah sistem pemerintahan ini diultimatumkan pada acara pembukaan sidang konstituante yang dilaksanakan bertepatan pada hari Pahlawan, yaitu 10 November 1956.Adapun yang melatarbelakangi adanya sistem pemerintahan ini di Indonesia kala itu adalah sebagai berikut.
•    Adanya pergolakan keamanan dan instabilitas politik negara. Pada masa tersebut gerakan komunal PKI sedang menunjukkan aksinya. Selain itu, juga masih banyak gerakan-gerakan yang bersifat separatis dan mengarah ke unsur pemberontakan.
•    Ketidakstabilan ekonomi memengaruhi adanya sistem pemerintahan menjadi demokrasi terpimpin. Krisis ekonomi yang disebabkan oleh pengaruh agresi militer sangat membuat masyarakat resah, sehingga presiden harus turun tangan mengelola pemerintahan secara semi otokrat.
•    Terjadinya kegagalan konstituante di dalam menyusun UUD yang baru sebagai pengganti UUDS 1950 juga memberikan pengaruh terhadap dipilihnya sistem pemerintahan ini.

Akibat Menganut Demokrasi Terpimpin

Pada masa Demokrasi terpimpin, Partai Komunis Indonesia begitu antusias dengan hadirnya sistem pemerintahan demokrasi terpimpin ini. Bahkan partai tersebut sempat bertengger di puncak dan menjadi salah satu pemenang pemilu kala itu. Akan tetapi, paham yang dianut PKI bertentangan dengan Pancasila yang menganut asas Ketuhanan, sehingga banyak terjadi pertentangan dengan masyarakat dan juga negara, sehingga pada akhir masa pemerintahan Soekarno, PKI meluncurkan aksi pemberontakannya dan menjadi partai yang dilarang di Indonesia.

Dalam sisi politik, adanya turut campur dan dominasi PKI di era demokrasi terpimpin dan dipadu dengan sistem sumber ekonomi negara yang masih bersifat agraris, pendapatan khususnya ekspor dari negara Indonesia mengalami penurunan yang sangat signifikan. Terjadi inflasi di mana-mana dan bahkan pemotongan nilai uang menjadi sangat drastis, rakyat tidak mampu lagi membelanjakan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan akhirnya krisis menjadi semakin parah yang membuat masyarakat mulai mencerca kehadiran partai komunal ini.

Dengan memahami apa yang dimaksud dengan demokrasi terpimpin, kita jadi mengerti landasan sebuah sistem pemerintahan dibentuk serta pengaruhnya terhadap situasi dan kondisi segala bidang sebuah negara. Semoga uraian tersebut bermanfaat.

Selanjutnya : Memahami Aspek Afektif Psikomotorik
Sebelumnya: Manfaat Bakteri Fermentasi Keju
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar