Apa yang Dimaksud dengan Lautan?


Apa yang dimaksud dengan lautan mungkin bisa dijawab secara singkat. Bahkan oleh anak SD sekalipun. Lautan Indonesia misalnya, ada banyak sekali dan sangat luas. Oleh karena itu Indonesia dikenal dengan negara lautan atau negara maritim. Lautan sebenarnya adalah daratan yang terendam air sehingga saking lamanya ia akan berubah jadi sebuah hamparan air yang sangat luas.

Lautan sendiri memiliki peran penyeimbang bagi alam semesta ini. Lautan memiliki kehidupan tersendiri. Lautan atau himpunan air yang sambung menyambung antara satu daerah dengan daerah yang lain juga sangat bermanfaat untuk manusia. Banyak manusia menggantungkan hidupnya dari hasil laut seperti nelayan misalnya. Ikan lautan terkenal banyak memiliki protein tinggi dari pada ikan tambak atau ikan air tawar.

Apakah yang di maksud dengan lautan bagi nelayan? Tentu jawaban mereka adalah sumber uang atau sebuah lahan luas yang dapat di gali secara financial secara terus menerus dan secara turun temurun. Makanya, lautan adalah sumber daya yang tidak pernah habis. Tapi, lautan juga harus diletasrikan agar kelangsungannya tetap terjaga. Di dunia ini ada banyak sekali lautan.

Di Indonesia saja ada lautan hindia, lautan jawa, dan banyak lagi. Namun begitu nama lautan di alam semesta ini sangatlah beragam. Dari yang sudah diketahui namanya sampai yang belum di ketahui. Selain itu, ada juga lautan atlantik, lautan pasifik, lautan karibia, laut cina selatan dan banyak lagi.

Manfaat lautan selain untuk mengambil keuntungan financial juga sebagai penyeimbang bumi. Apa jadinya jika bumi ini hanya terdiri atas daratan? Tentu bumi akan kering tanpa air. Oleh karena itu lautan ada sebagai wadah air yang tidak pernah habis bagi alam semesta. Semua itu tentu sebuah kebesaran Tuhan.

Di lautan sendiri ada jenis transportasinya seperti di daratan. Transportasi laut satu-satunya adalah kapal. Kapal sendiri ada kapal besar dan kecil. Semoga bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Selanjutnya : Urgensi Pendidikan Sosial bagi Anak Usia Dini
Sebelumnya: Apa yang Dilakukan Setelah Menikah?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar