Apa yang Dimaksud dengan Sistem Cluster?


Kebutuhan akan rumah adalah salah satu komponen dalam kebutuhan primer yang ingin untuk dipenuhi oleh seriap manusia. Hal ini akan lebih banyak berkembang ketika berada di daerah perkotaan. Di daerah perkotaan ini, rumah akan menjadi kebutuhan yang justru membutuhkan banyak biaya di dalam pemenuhannya, karena memang mahalnya harga rumah ataupun tanah yang ada di perkotaan. Salah satu jalan keluar untuk mengatasi masalah mahalnya memperoleh hunian yang layak ini adalah dengan melakukan kredit rumah di perumahan. Namun, apakah kita tahu apa yang dimaksud dengan sistem cluster di dalam sistemtata letak perumahan yang ada.

Sistem cluster adalah peletakan gate atau gerbang yang ada dan tersedia hanya satu gerbang. Dengan hal ini, maka sistem keaamanan ingin untuk dijaga dengan lebih optimal dan maksimal lagi. Selain itu, privasi dari setiap penghuni perumahan akan lebih terjaga dengan adanya sistem cluster ini.

Penerapan sistem cluster yang ada di dalam perumahan adalah bahwa di setiap perumahan dalam satu kawasan hanya terdapat satu unit pintu gerbang atau pintu masuk saja. Oleh karena itu, akan diketahui dengan pasti siapa saja yang melewati pintu gerbang ini melalui pos penjagaan yang tentunya telah dijaga selama 24 jam penuh dalam satu hari.

Selain hal yang telah disebutkan di atas, keuntungan dari sistem cluster di dalam tata letak perumahan ini adalah mengurangi jumlah traffic lalu lintas dari kendaraan bermotor yang melintasi setiap unit dari hunian yang ada.
Ada pula penjagaan privasi yang lebih optimal. Karena, akan terdapat taman atau tempat jogging yang ditempatkan di dalam perumahan dengan lebih memerhatikan mengenai privasi dari setiap penghuni yang ada di dalam perumahan tersebut.

Lain halnya jika di dalam tata letak perumahan terdapat dua sistem jalan utama, pintu masuk dan pintu keluar. Dengan menggunakan sistem ini, akan lebih sulit untuk mengontrol siapa saja yang memasuki dan keluar dari kawasan perumahan, dan tentunya akan lebih memberikan resiko terhadap keadaan keamanan lingkungan perumahan. Itulah jawaban yang dapat diberikan mengenai apa yang dimaksud dnegan sistem cluster. Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Formulir Pendaftaran Online Brigadir Polri
Sebelumnya: Jenis-Jenis Pengurai atau Bakteri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar