Apa yang Dimaksud dengan Sistem Perekonomian?


Apa yang dimaksud dengan sistem perekonomian? Sistem perekonomian adalah sistem yang dianut oleh sebuah negara untuk mengatur dan mengelola sumber daya yang dimilikinya sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara dan taraf hidup masyarakatnya secara umum.

Melalui sistem ekonomi inilah diatur pola alokasi sumber daya yang dimiliki oleh suatu negara ke individu, perusahaan, organisasi, dan sejenisnya di negara tersebut. Dengan adanya sistem ini, pola pengelolaan dan distribusi sumber daya menjadi lebih rapi dan tertata dengan baik.

Sistem Ekonomi Berdasarkan Pengelolaan Faktor Produksi

Sistem ekonomi yang dianut oleh setiap negara tidak selalu sama. Sangat mungkin berbeda antara negara satu dengan lainnya. Perbedaan mendasar antara satu sistem dengan sistem lainnya terletak pada bagaimana cara sistem tersebut dalam mengelola atau mengatur faktor produksi yang dimilikinya.

Ada sistem ekonomi yang memberi kebebasan pada setiap individu untuk memiliki semua faktor produksi. Pada sistem yang lain, semua faktor produksi dipegang oleh pemerintah. Pada umumnya, sistem ekonomi yang berkembang di dunia berada di antara kedua sistem ekstrim di atas.

Sistem Ekonomi Berdasarkan Pola Perencanaan

Selain itu, sistem ekonomi juga sering dibedakan berdasarkan pola alokasi dan pengaturan produksi. Berdasarkan hal ini sistem ekonomi dibedakan menjadi dua, yaitu:

1. Sistem Perekonomian Terencana (Planned Economies)

Pada sistem perekonomian jenis ini pemerintah memiliki hak untuk mengatur pola distribusi faktor-faktor produksi. Tidak hanya sampai di situ, pemerintah juga memiliki wewenang untuk mengatur alokasi dan distribusi dari hasil produksi tersebut.

Bentuk konkrit dari perekenomian terencana ini adalah komunisme dan sosialis. Komunisme merupakan sistem yang menempatkan pemerintah sebagai pemilik sekaligus pengguna seluruh faktor produksi yang dimiliki oleh negara tersebut.

Namun, status kepemilikan pemerintah hanya sementara. Ketika, perekenomian masyarakat dinilai sudah membaik, maka pemerintah memiliki wewenang untuk mengalihkan kepemilikan faktor produksi tersebut pada perusahaan atau individu yang dipilihnya.

2. Sistem Perekonomian Pasar (Market Economic)

Pada sistem ini, mekanisme pasarlah yang berperan dalam mengatur faktor-faktor produksi. Demikian juga dengan pengalokasian barang dan jasa. Gerak ekonomi dikuasai oleh pasar melalui mekanisme permintaan dan penawaran. Di sini sistem perekonomian dibentuk oleh mekanisme permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar.

Demikian artikel tentang apa yang dimaksud dengan sistem perekonomian. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Konten Blog Enigma
Sebelumnya: Apa Beda Titel Amkeb dengan Amdkeb?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar