Apa yang Dimaksud dengan Visi dan Misi Perusahaan?


Apa yang dimaksud dengan visi dan misi perusahaan? Kita kadang bertanya-tanya mengapa perusahaan memiliki visi dan misi. Sebagian dari kita bahkan tidak mengetahui perbedaan antara visi perusahaan dengan misi perusahaan. Pada dasarnya, setiap organisasi memiliki visi dan misi yang akan dicapai di masa depan. Perusahaan sendiri adalah badan usaha yang di dalamnya terdapat organisasi yang menggerakkannya.

Tak hanya perusahaan, sekolah, universitas, dan organisasi kemasyarakatan lainnya juga pasti memiliki visi dan misi yang jelas. Sepintas, visi dan misi ini hampir sama dan inilah yang membuat kita kesulitan untuk membedakan keduanya. Visi dan misi ini sebenarnya memiliki arti dan definisi yang berbeda, tetapi terlihat mirip. Visi dan misi ini dibuat untuk menentukan tujuan dan arah yang akan ditempuh oleh perusahaan atau organisasi.

Maksud Visi Perusahaan

Apa yang dimaksud dengan visi dan misi perusahaan ini mengandung pengertian atau definisi yang berbeda. Visi sendiri memiliki arti berupa sebuah cita-cita yang akan dicapai oleh perusahaan dan hal inilah yang akan menentukan arah berkembangnya perusahaan. Pendapat lain mengatakan bahwa visi perusahaan adalah sebuah cara pandang organisasi atau perusahaan yang menjadi pedoman atau landasan perusahaan untuk bergerak maju.

Tanpa adanya visi ini, perusahaan akan bingung karena tidak dapat menentukan arah perkembangannya. Hal ini bisa di analogikan dengan pengendara sepeda motor yang berkendara tanpa tujuan yang jelas dan tidak memiliki cara pandang yang mantap untuk menentukan arah laju sepeda motor. Begitu juga dengan perusahaan yang tidak memiliki visi yang jelas, maka akan sangat sulit mengambil kebijakan atau mengembangkan perusahaan karena tak memiliki parameter tertentu yang dapat digunakan sebagai landasan.

Maksud Misi Perusahaan

Berbeda dengan visi perusahaan yang lebih ke arah cita-cita atau cara pandang perusahaan untuk berkembang, misi ini lebih ke arah tujuan. Sehingga bisa dibilang misi perusahaan ini adalah sebuah tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan di masa depan dan dilaksanakan sesuai dengan visi perusahaan. Misi perusahaan juga disebut dengan sebuah sasaran yang nyata dan harus dicapai oleh perusahaan di masa depan.

Misi ini juga bisa dikatakan sebagai sesuatu yang harus dilakukan perusahaan untuk mencapai sebuah target tertentu di masa depan.
Berdasarkan ulasan di atas, tentu kita telah dapat membedakan antara visi dan misi perushaan. Keduanya memang mirip, tetapi sesungguhnya berbeda. Apa yang dimaksud dengan visi dan misi perusahaan telah selesai dijelaskan, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya : Apa yang Dimaksud Laut Tepi?
Sebelumnya: Apa Warna Batu Ruby?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar