Tahukah Anda Apa yang Dimaksud dengan Wartawan?

Apa yang dimaksud dengan wartawan? Secara tradisional, wartawan merupakan sebuah profesi yang tugasnya menulis berita yang akan dimuat dalam surat kabar.

Akan tetapi, saat ini makna tersebut sudah meluas. karena, profesi wartawan bukan hanya menulis dan memasukkannya ke media dalam bentuk kertas, melankan juga pada media berbentuk elektronik, yaitu televisi dan radio. Bahkan, sekarang sudah memasuki era digital, yaitu dimuat di internet.

Akan tetapi, ada satu kesamaan dari semua. Tugas wartawan dari dahulu hingga sekarang tidak berubah. Yaitu, mencari sumber berita penting untuk ditulis laporannya.  Semakin penting dan dibutuhkan sumber berita itu oleh masyarakat maka akan semakin berguna.

Hal penting yang harus selalu diingat seorang wartawan atau jurnalis adalah sebisa mungkin berita yang ditulis merupakan berita yang objektif. Maksudnya tidak disisipi dengan opini-opini penulis yang malah akan mengaburkan pendapat sang sumber tadi.

Ada beberapa jenis wartawan atau jurnalis, yaitu sebagai berikut.

  • Jurnalis profesional: Dia menjadikan wartawan sebagai profesinya. Biasanya ia terikat pada satu surat kabar, televisi, atau radio saja. Tidak ada pekerjaan lain yang dilakukannya selain meliput berita dan menuliskannya.
  • Jurnasil freelance: Bagi jurnalis jenis ini, ia tidak hanya bekerja di satu media saja. Biasanya, jurnalis freelance mencari berita dan menjualnya kepada media-media yang membutuhkan. Semakin penting berita tersebut, semakin tinggi harganya.
  • Koresponden. Biasanya, mereka merupakan wartawan freelance yang bekerja pada media-media yang tidak memiliki kantor cabang di kota tersebut. Mereka akan meliput berita dan mengirimkannya ke kantor pusat, bisa melalui email, faksimili, dan lain-lain.

Para wartawan memiliki beberapa kode etik yang hukumnya wajib dipatuhi. Jika dilanggar, bukan tidak mungkin hukumannya adalah jeruji besi. Berikut ini beberapa kode etik yang harus dimiliki seorang wartawan. Kode etik ini dibuat oleh persatuan wartawan yang ada di seluruh indonesia.

Secara ringkas, ketujuh kode etik itu adalah sebagai berikut: Wartawan harus menghormati hak masyarakat untuk membagi imformasi yang sebenar-benarnya. Ia harus memiliki cara yang etis untuk menyampaikan informasi yang diterimanya. Ia harus memberikan identitas yang jelas kepada mereka yang hendak diwawancarai.

Jangan mencampurkan fakta dan opini serta tetap menerapkan praduga tidak bersalah kepada sumber informasi. Jangan berlebihan dalam mengungkapkan berita dan tidak melakukan plagiasi. Ia dilarang menyiarkan informasi yang menjurus pada kebohongan, sampai menyiarkan identitas sumber yang merupakan korban kekerasan dan kejahatan asusila. Ia tidak boleh menerima suap. Ia wajib mengklarifikasi jika ternyata terjadi kesalahan pada berita yang dibuatnya.

Itulah secara singkat mengenai apa yang dimaksud dengan wartawan.  Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kerusakan Lingkungan Hidup yang Diakibatkan Angin Topan
Sebelumnya: Jenis Cabang Lari yang Paling Populer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...