Apa yang Dimaksud Kebugaran Jasmani dan Manfaatnya?


Apakah Anda senang berolahraga? Jika iya berarti Anda termasuk orang yang menjalankan pola hidup sehat. Melakukan pola hidup sehat tak akan terlepas dari kegiatan berolahraga. Anda yang rajin berolahraga akan mendapatkan manfaat positif. Berbicara tentang olahraga akan berkaitan dengan kebugaran jasmani. Lalu apa yang dimaksud kebugaran jasmani dan manfaatnya?

Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk mengerjakan segala pekerjaan sehari-hari dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kondisi lelah yang berarti. Seseorang perlu mengetahui berapa besar kebugaran jasmani yang dimilikinya. Dengan mengetahui seberapa besar kebugaran jasmani akan bermanfaat untuk mengetahui kondisi atau status kesegaran jasmani orang yang bersangkutan.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Dalam mengerjakan pekerjaan rutin setiap hari tentu diperlukan fisik yang sehat. Kemampuan otak dalam berpikir pun akan mempengaruhi kinerja Anda. Tentu fungsi organ dan fisik Anda mesti dalam keadaan yang bugar. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengatur kebugaran jasmani Anda.

Apa yang dimaksud kebugaran jasmani dan manfaatnya dalam hidup bisa Anda rasakan ketika Anda membiasakan pola hidup sehat. Beberapa manfaat dari kebugaran jasmani sebagai berikut:

1. Mencegah obesitas dan menurunkan berat badan

Kebiasaan makan yang tak terkontrol dan kurangnya badan bergerak akan menimbulkan obesitas. Olahraga secara rutin dan teratur akan menghindari obesitas.

2. Mencegah penyakit jantung

Saat Anda berolahraga, organ jantung akan memompa darah lebih cepat daripada ketika Anda diam. Pada saat itu, otot jantung akan lebih berkontraksi dengan baik. Semakin Anda banyak bergerak dan membuat organ jantung berfungsi maksimal, risiko penyakit jantung dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya bisa dihindari.

3. Menstabilkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi biasanya terjadi karena akibat penyakit stroke dan jantung. Agar tekananan darah tinggi menjadi stabil perlu melakukan olahraga secara rutin.

Olah Raga Rutin

Memiliki tubuh yang bugar akan menjadikan hidup semakin berarti. Menjaga tubuh agar tetap bugar setiap saat bukanlah suatu hal yang susah. Anda hanya perlu telaten dan perlu proses panjang agar kebugaran jasmani bisa didapatkan. Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Anda untuk menjaga kesegaran jasmani adalah berolahraga secara teratur.

Berolahraga secara teratur tak perlu dengan olahraga berat. Anda cukup melakukan jalan kaki setiap hari atau jogging 3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Justru hal ini akan lebih terasa manfaatnya daripada Anda memutuskan untuk berolahraga berat seperti jogging 1 kali selama 2 jam, tetapi dilakukan sebulan sekali. Terpenting melakukan olahraga harus sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Apa yang dimaksud kebugaran jasmani dan manfaatnya? Kelak akan Anda rasakan saat Anda memutuskan untuk rajin berolahraga.

Selanjutnya : Andrew Darwis, Profil Pengusaha Bisnis Online Pendiri Kaskus
Sebelumnya: Sedapnya Aneka Masakan Dari Bahan Cumi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar