Apa Yang Dimaksud Pajak Masukan


Menjawab pertanyaan apa yang dimaksud pajak masukan maka akan dilakukan dengan menjelaskan makna dan definisi dari pajak masukan itu sendiri. Selain itu, juga berbagai hal yang berhubungan dengan pajak masukan.

Definisi pajak masukan adalah pajak yang dikenakan kepada pengusaha kena pajak di saat diri mereka melakukan pembelian barang yang terkena pajak ataupun jasa yang juga terkena pajak di dalam jangka waktu tertentu. Pajak masukan ini juga dikenal dengan sebutan lain yaitu pajak pertambahan nilai.

Intinya adalah bahwa dengan adanya pajak pertambahan nilai ini maka harga yang harus dibayarkan saat membeli sebuah barang akan naik atau berada di atas harga normal dari barang atau jasa tersebut. Karena harga sudah ditambah dengan nilai pajak yang ada akan barang atau jasa tersebut. Itulah yang dimaksud dengan pajak masukan.

Nilai pajak masukan ini atau untuk pajak pertambahan nilai yang diberlakukan di negara kita menganut sistem tarif tunggal. Jadi untuk semua barang atau jasa yang terkena pajak pertambahan nilai ini akan dikenakan sebesar 10 persen dari harga barang yang ada.

Pajak masukan sejatinya merupakan satu dari dua istilah yang ada di dalam pajak pertambahan nilai, istilah yang lain adalah pajak keluaran dimana pajak ini adalah pajak pertambahan nilai yang dikenakan kepada pengusaha kena pajak ketika ia menjual barang atau jasa kepada orang lain.

Objek dari pajak pertambahan nilai ini terdiri dari dua jenis barang. Yang pertama adalah barang kena pajak yaitu barang yang dibagi menjadi dua kategori yaitu barang yang berwujud yang terkena pajak dan barang yang tak berwujud yang juga terkena pajak.

Sedangkan jenis kedua dari objek pajak ini adalah jasa yang kena pajak. Yang dimasukan dengan jasa adalah bentuk pelayanan kepada orang lain yang juga membutuhkan sebuah pembayaran.

Jasa yang menjadi objek pajak ini adalah setiap pelayanan yang diberikan kepada pemakaian sebuah barang atau pembuatan barang itu sendiri.

Itulah bahasan mengenai apa yang dimaksud dengan pajak masukan yang banyak pula disebut dengan pajak pertambahan nilai.

Selanjutnya : Cara Merajut Baju Anak Balita
Sebelumnya: Travel Bogor-Tangerang Siap Melayani Anda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar