Apa yang Dimaksud Sistematika Penulisan?


Apa yang dimaksud sistematika penulisan? Mungkin sebagian orang hanya tahu tentang menulis makalah ala kadarnya tanpa memahami sistematika penulisan. Sebenarnya mereka tahu cara menulis isi dari makalah tersebut namun tidak paham tentang arti dari sistematika penulisan. Kita akan membahas lebih lanjut tentang sistematika penulisan pada bahasan berikut ini.

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan merupakan penjabaran tentang hal-hal yang akan ditulis dalam sebuah karya tulis. Karya tulis dapat bermacam-macam jenisnya, misalnya saja buku, novel, makalah, skripsi, ataupun tesis. Seorang penulis atau penyusun karya tulis harus paham tentang sistematika penulisan karya tulis yang akan dibuat. Apalagi jika berbentuk karya tulis ilmiah. Berbeda halnya dengan penulis novel yang mungkin dibantu oleh editor buku tentang apa-apa yang dibutuhkan dalam sebuah novel.

Sistematika penulisan pada karya tulis pada umumnya ada tiga bagian. Bagian tersebut yaitu bagian awal, isi, dan bagian akhir. Pada bagian awal berisi tentang lembar judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar-daftra lainnya yang mendukung sebuah karya tulis.

Pada karya ilmiah, bagian isi berisi tentang pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Pada bagian isi terdiri dari latar belakang, tujuan dan manfaat penelitian. Latar belakang diartikan sebagai penjelasan beberapa paragraf yang berisi alasan dilakukannya penelitian tersebut. Tujuan dan manfaat berisikan untuk apa penelitian tersebut dibuat. Sebuah penelitian dibuat tentunya memiliki berbagai manfaat baik bagi penyusun, instansi terkait ataupun pihak luar.

Bagian akhir pada karya tulis berisi tentang daftar pustakan dan lampiran-lampiran. Penulisan daftar pustaka harus sesuai dengan ketentuan yang ada. Daftar pustaka sendiri merupakan sumber referensi yang dicantumkan dalam sebuah karya tulis. Referensi tersebut dapat diambil dari buku, jurnal, artikel, ataupun referensi dari internet.

Itulah sedikit penjelasan tentang sistematika penulisan. Setelah kita mengetahui tentang apa yang dimaksud sistematika penulisan, mari kita bahas tentang jenis-jenis karya ilmiah.

Jenis Karya Tulis Ilmiah

Kita mungkin hanya mengenal makalah dan skripsi saja sebagai karya tulis ilmiah. Sebenarnya ada beberapa jenis karya tulis ilmiah. Jenis karya tulis ilmiah diantaranya :

a.    Laporan penelitian

b.    Artikel ilmiah (jurnal)

c.    Artikel ilmiah populer di media massa

d.    Makalah seminar

e.    Buku

f.    Diktat, modul

g.    Karya terjemahan

Setiap karya tulis ilmiah tersebut memiliki sistematika penulisan yang berbeda-beda. Biasanya sudah ada panduan masing-masing untuk membuatnya. Apa yang dimaksud sistematika penulisan serta contoh karya ilmiah telah kita bahas. Semoga penyusun karya ilmiah dapat menerapkannya dengan baik.

Selanjutnya : Cara Menaruh Lagu Di Facebook Status
Sebelumnya: Trik Main Monopoli yang Jitu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar