Jaga Kelestarian Apa yang Disebut Daerah Pantai

Apa yang disebut daerah pantai sesungguhnya? Pantai begitu populer hampir di setiap lapisan masyarakat. Kita dapat bertanya, siapa sih yang tidak suka pergi ke pantai. Meskipun sebagian besar dari kita sering pergi ke pantai, nyatanya sedikit sekali yang mengetahui secara spesifik tentang apa itu pantai atau daerah pantai.

Daerah pantai adalah sebuah areal yang luas sebagai pemisah antara daratan dan lautan. Komposisi pantai itu biasanya berupa tanah yang halus dan pasir yang lembut. Biasanya, di atas tanah pantai sukar untuk mendirikan bangunan. Adapun bangunan bisa berdiri pada areal yang tanahnya padat dan cenderung datar.

Indonesia dikenal sebagai Negara kepulauan, banyak-pulau yang berderet dari Sabang sampai Merauke. Tentunya, kepulauan-kepulauan tersebut dipisahkan oleh laut-laut dan pastinya mempunyai pantai.

Makanya, tidak heran jika Indonesia mempunyai ribuan pantai yang bisa dieksplorasi. Banyak turis mancanegara datang ke Indonesia untuk menjelajah berbagai pulau dan berjemur di pantai-pantai yang terkenal eksotis.

Kondisi Alam di Daerah Pantai

Pada dasarnya, pantai mempunyai suhu yang cukup panas karena berada pada dataran paling rendah di muka bumi. Tidak semua jenis tanaman mampu tumbuh di pantai karena memang kondisi alamnya cukup spesifik, untuk tanaman-tanaman tertentu saja.

Umumnya, di daerah itu cocok untuk ditanami pohon kelapa dan bakau. Rumah-rumah yang dibangun di sekitaran pantai atau dekat dengan laut biasanya mempunyai banyak ventilasi. Hal itu dimaksudkan supaya udara segar dapat berhembus ke dalam rumah dan memberikan kesegaran di balik udara yang panas.

Mata pencaharian utama masyarakat yang tinggal di daerah pantai adalah nelayan. Sumber daya alam yang melimpah di lautan lepas menjadi salah satu anugerah yang dirasakan para nelayan. Alasan lain penduduk sekitar lebih berprofesi sebagai nelayan adalah kondisi tanah yang kurang bersahabat untuk dijadikan lahan pertanian. Bagi sebagian penduduk di sekitar pantai yang cukup populer, mereka juga berpencaharian sebagai penyedia layanan wisata dan transportasi.

Menjaga Ekosistem dan Habitat Makhluk Laut

Kita banyak mendapatkan berita di media tentang pengrusakan lingkungan yang semakin merajalela. Sebagai penikmat pantai, kita harus bisa menjaga kelestarian lingkungannya. Kita bisa memulai dari hal yang kecil, contohnya jangan membuang sampah ke pantai.

Dalam konteks yang besar, pabrik-pabrik besar sering membuang limbah ke laut dan menyebabkan ekosistem laut tercemar. Akibatnya, berbagai jenis ikan tercemar merkuri dan tidak aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Kita harus bersama-sama menciptakan solusi untuk menjaga apa yang disebut daerah pantai.

Loading...
Selanjutnya : Tips Cara Agar Aman Kerja Listrik di Rumah dan Hemat
Sebelumnya: Apa yang Disebabkan Menebang Hutan Sembarangan?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar