Yang Terjadi Di Tenggorokan Apabila Radang Tenggorokan

Apa yang terjadi di tenggorokan apabila radang tenggorokan? Apa yang menyebabkan radang tenggorokan? Bagaimana cara mengobati radang tenggorokan? Mungkin hal-hal tersebut membuat penasaran bagi Anda yang sedang mengalami masalah tenggorokan atau mungkin ada teman atau kerabat yang sedang mengalami masalah radang tenggorokan.

Apa itu radang tenggorokan?

Radang tenggorokan tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Pasalnya hampir semua orang pernah mengalami radang tenggorokan yang dikategorikan sebagai infeksi saluran pernapasan. Para penderita radang tenggorokan merasakan sakit pada bagian tenggorokannya terutama saat menelan makanan. Hal ini mempengaruhi selera makan penderita sehingga tak jarang para penderitanya enggan untuk menyantap makanan.

Seseorang dikatakan mengalami radang tenggorokan ketika kondisi dinding tenggorokannya membengkak atau menebal dengan disertai perubahan warna menjadi lebih merah yang disertai bintik putih. Penyebab radang tenggorokan bisa akibat infeksi kuman atau virus ketika daya tahan tubuh seseorang lemah. Gejala yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan sering kali dianggap sebagai tanda-tanda gejala penyakit influenza.

Berdasarkan hasil penelitian yang ada penyebab dari terjadinya radang tenggorokan ada 4 macam, antara lain
80% disebabkan oleh bakteri dan virus Streptococcus, disebabkan oleh lendir yang dihasilkan ketika mengalami batuk dan flu, disebabkan oleh alergi yang menyebabkan tenggorokan teriritasi ringan, serta disebabkan karena merokok.

Pengobatan Radang Tenggorokan

Kebanyakan orang ketika mengalami radang tenggorokan langsung memutuskan untuk mengonsumsi antibiotik tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Padahal sebenarnya pengobatan dengan menggunakan antibiotik tidaklah efektif jika penyebab radang tenggorokannya berupa virus. Bahkan pemberian antibiotik tanpa aturan yang jelas dalam mengonsumsinya justru berbahaya karena mengakibatkan kuman yang ada dalam tubuh menjadi kebal atau resisten.

Adapun cara meringankan keluhan radang tenggorokan yang pada umumnya dilakukan oleh dokter adalah dengan memberikan obat yang memiliki sifat meredakan gejala yang muncul. Obat-obatan tersebut seperti ibuprofen atau parasetamol yang membantu meringankan keluhan demam dan rasa sakit. Selain diberikan obat, penderita radang tenggorokan juga disarankan untuk berkumur-kumur dengan air garam atau obat kumur antiseptik.

Selain menggunakan obat-obatan kimia tersebut dapat pula digunakan obat-obatan herbal yang jauh lebih alami tanpa efek samping. Adapun obat-obatan herbal yang dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan, diantaranya:

1. Rebusan daun kemangi

Untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan air rebusan kemangi dapat diminum atau sekadar digunakan untuk berkumur.

2. Rebusan teh dan jahe

Dengan meminum rebusan teh dicampur jahe yang sudah dimemarkan kemudian direbus kurang lebih 3 menit juga dapat mengobati radang tenggorokan.

3. Air lemon campur madu

Campurlah 1 sendok makan perasan lemon dan 1 sendok makan madu ke dalam secangkir air hangat. Konsumsilah selagi hangat.

Sekian bahasan singkat mengenai apa yang terjadi di tenggorokan apabila radang tenggorokan diderita oleh seseorang. Semoga dapat membantu Anda dalam menangani dan menghadapi masalah radang tenggorokan yang mungkin diderita oleh diri sendiri, keluarga ataupun sanak saudara.

Selanjutnya : Tahukah Anda Apakah Anemia Bisa Disembuhkan?
Sebelumnya: Koleksi Buku Cerita Cinderella dari Berbagai Pengarang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...