Apakah Anggun Orang Jawa?

Apakah anggun orang Jawa? Jawabannya jelas iya! Sebab, wanita kelahiran Jakarta 29 April 1974 ini adalah putri pasangan yang masih kerabat dekat Keraton Yogyakarta. Jadi, sebuah tindakan bodoh jika lontarkan pertanyaan itu meski kini Anggun berstatus WNA (Prancis). Anggun memiliki nama lengkap Anggun Cipta Sasmi. Ia selain penyanyi juga berprofesi sebagai pencipta lagu dan produser rekaman. Penyanyi dengan genre rock ini juga menguasai instrumen piano.

Tanpa gembar-gembor

Loading...

Salah satu hal unik tentang Anggun adalah kiprahnya di panggung musik internasional. Ia adalah salah satu penyanyi yang sukses melakukan itu tanpa woro-woro. Anggun jarang berujar atau sesumbar bisa meraih prestasi mendunia yang diidam-idamkannya. Dalam pengakuannya, ia hanya mengaku memang ingin kariernya mendunia. Tapi, produser asing tak akan datang ke Indonesia. Sebab, di negerinya berkecambah bakat yang tak kalah hebat. Untuk itulah ia memutuskan untuk meninggalkan tanah airnya.

Merilis album pertama Dunia Aku Punya (1986), tahun 1994 Anggun kemudian hijrah ke Eropa. Meski di dalam negeri cukup sukses, di benua biru Eropa, ia harus memulai dari nol. Anggun keluar masuk pintu major label selama dua tahun. Pada tahun 1996, ia bertemu dengan Erick Benzi, seorang produser kondang Prancis yang menggarap sejumlah penyanyi ternama salah satunya Celine Dion. Benzi mengakui Anggun miliki karakter vokal unik dan akhirnya mengganjar pelantun Tua-tua Keladi itu kontrak Sony Music International untuk album dan distribusi internasional.

Masa kecil

Anggun masih miliki hubungan kerabat dekat Keraton Yogyakarta. Sang ibu, Dien Herdina, memiliki “darah biru” yang merupakan keturunan keluarga keraton. Sedangkan, sang ayah Darto Singo, adalah seorang seniman. Anggun menghabiskan masa kecil di Jakarta, di sekolah Katolik meski ia beragam Islam. Sejak kecil, Anggun digembleng ayahnya latihan vokal dan piano. Sang ibu berperan sebagai manajer tatkala Anggun mulai merintis profesi penyanyi dari panggung ke panggung. Anggun mulai menciptakan lagu sendiri di usia sembilan tahun. Di usia yang sama ia sudah miliki album anak sendiri.

Demikian informasi terkait pertanyaan apakah Anggun orang Jawa. Jika menilik dari garis keturunan ayah dan ibu, tak perlu diperdebatkan darah Jawa Anggun. Meski tak berstatus WNI, namun itu terbayar lunas dengan segenap prestasi yang ia persembahkan untuk bumi pertiwi.

Loading...
Selanjutnya : Cara Mengantisipasi Globalisasi
Sebelumnya: Akibat Sering Pakai Ganja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar