Apakah Batuk Menyebabkan Kontraksi pada Ibu Hamil?

Apakah batuk menyebabkan kontraksi? Ini adalah pertanyaan umum yang dilontarkan oleh seorang calon ibu yang sedang mengandung yang pada saat itu sedang mengalami penyakit batuk yang tidak kunjung sembuh. Penyakit batuk memang sangat mengganggu karena dengan keberadaan batuk tersebut kita tidak dapat beraktivitas dengan sebagaimana mestinya. Penyakit ini memang tidak mengenal umur karena siapa saja baik itu anak-anak, remaja bahkan dewasa pun dapat terjangkit penyakit ini. Berikut ini akan dijelaskan mengenai definisi batuk dan efek batuk terhadap kondisi ibu yang sedang hamil.

Definisi Batuk

Definisi batuk adalah suatu reaksi atau mekanisme dalam tubuh yang terjadi akibat adanya rangsangan pada bagian tenggorokan karena pada bagian tersebut terjadi iritasi yang diakibatkan oleh berbagai macam penyebab seperti debu, lendir, asap, makanan dan lain-lain. Penyakit ini memang hal umum yang pernah dialami oleh semua orang baik itu anak-anak maupun dewasa. Penyakit ini sebenarnya adalah suatu mekanisme yang bekerja otomatis dalam tubuh yang berguna untuk mengeluarkan benda asing yang terdapat dalam saluran pernapasan manusia.

Walapun begitu, kita tidak boleh mengabaikan penyakit ini karena jika terjadi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius terutama pada bagian saluran pernapasan. Ada beberapa pertanyaan yang diberikan oleh para calon ibu yang sedang hamil mengenai apakah batuk menyebabkan kontraksi. Hal ini memang sering terjadi pada kasus ibu yang sedang hamil karena para calon ibu khawatir jika penyakit ini dapat mengganggu proses kehamilan mereka. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai hal ini dalam penjelasan di bawah ini.

Efek Batuk terhadap Kondisi Ibu yang Sedang Hamil

Penyakit ini dibagi ke dalam 2 jenis batuk yaitu batuk akut dan batuk kronis. Kedua jenis batuk ini dapat terjadi akibat alergi, virus ataupun bakteri. Jika penyakit ini terus berlanjut terus-menerus dapat menyebabkan hal yang serius apalagi jika terjadi pada ibu yang sedang hamil dan sedang menginjak trisemester kedua dan ketiga. Penyakit ini dapat memberikan tekanan pada rongga perut yang dapat membahayakan kesehatan janin karena jika terjadi terus-menerus maka rahim akan menjadi lebih sering terdorong sehingga terjadilah kontraksi.

Jika hal itu dibarengi dengan terjadinya infeksi maka dapat berakibat fatal terhadap kandungan sang ibu karena sang jabang bayi dapat lahir prematur akibat ketuban yang pecah sebelum masanya. Untuk mencegah hal ini, para calon ibu perlu makan-makanan yang bergizi dan banyak beristiraha sehingga yang tidak diinginkan tidak terjadi. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan para ibu mengenai apakah batuk menyebabkan kontraksi dan semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Tips Memilih Sangkar yang Cocok untuk Burung Kacer
Sebelumnya: Jenis-jenis Baja Ringan Untuk Atap Rumah Atau Gedung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar