Apakah Hiu Termasuk Mamalia?


Hiu, salah satu ikan besar yang paling dikenal masyarakat di segala penjuru dunia.Jika mengingat hiu, maka yang ada dalam ingatan adalah ikan buas. Hiu termasuk hewan pemangsa daging, termasuk  daging manusia!

Keganasan hiu seringkali disajikan dalam film-film yang mengundang ketegangan penontonnya seperti The Jaws, film tentang keganasan  hiu yang dibuat tahun 1975 dan disutradarai sutradara terkenal Steven Spielberg. Ngomong-ngomong soal hiu, apakah hiu termasuk hewan mamalia?

Yuk kita simak terlebih dulu apa itu hewan mamalia. Hewan mamalia umumnya hidup di daratan, namun ada juga yang hidup di laut. Hewan mamalia tersebar luas di muka bumi ini, dan merupakan kelompok yang besar, tak hanya berasal dari berbagai macam  spesies dan gen, tapi juga bermacam habitat yang berbeda.

Ciri hewan mamalia yang paling menonjol adalah dimilikinya kelenjar susu (glandula mammae), dengan begitu hewan kategori mamalia yang berjenis kelamin betina dapat menyusui.

Sebagian besar hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan, tapi juga  tidak semua hewan yang melahirkan masuk kategori hewan mamalia loh.

Selain melahirkan dan menyusui, masih ada lagi ciri lainnya, misalnya saja cara bernafas hewan mamalia yang menggunakan paru-paru.

Selain itu ciri lainnya dari hewan mamalia adalah berdarah panas, memiliki kelenjar keringat dan kelenjar minyak pada kulitnya, memiliki rambut kecuali yang hidup di air.

Sekarang kita simak, ciri-ciri hiu. Tubuh hiu dilapisi oleh kulit dermal denticles yang berfungsi untuk melindungi kulit dari parasit, kerusakan, juga untuk menambah dinamika air.

Bagaimana dengan bernafas? Cara hiu bernafas menggunakan insang, yang mana terdapat 5 liang insang yang digunakan hiu untuk bernafas.

Lalu bagaimana cara hiu berkembang biak? Sebagian besar hiu berkembang biak dengan cara bertelur, tapi ada juga hiu yang melahirkan. Kendati ada yang melahirkan, hiu tidak memiliki kelenjar susu.

Jadi, apakah hiu termasuk hewan mamalia? Jika dilihat dari cara hiu bernafas, tampaknya hiu tidak masuk dalam ciri khusus kelompok mamalia, hiu  tidak bernafas melalui paru-paru, melainkan insang.

Adapun kelenjar susu yang merupakan ciri penting lainnya dari hewan mamalia, rupanya juga tak dimiliki hiu. Dengan begitu, hiu tidak masuk hewan mamalia.

Berbeda dengan paus dan lumba-lumba, meskipun memiliki bentuk umumnya ikan seperti hiu, tapi paus dan lumba-lumba termasuk hewan mamalia.

Selanjutnya : Memilih Jenis Makanan Kucing Kampung yang Cocok
Sebelumnya: Terjadinya Awal Peperangan Korea
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar