Menjawab Pertanyaan “Apakah Kista Tumor Ganas?”

Apakah kista tumor ganas? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita dapat jabarkan dari pengertian kista itu sendiri. Kista adalah sejenis tumor yang tumbuh di dalam rahim seorang wanita, bisa di rahim kiri, kanan atau bahkan keduanya atau yang disebut dengan kista bilateral. Kista yang berbentuk tumor tersebut bisa termasuk golongan yang jinak atau golongan tumor ganas. Hal ini bisa diketahui dengan pemeriksaan sebelum dilakukan operasi ataupun sesudahnya.

Hal tersebut bergantung pada pemeriksaan yang dilakukan. Semakin dini pemeriksaan jenis kista dapat segera diketahui dan dapat segera dilakukan tindakan medis. Pemeriksaan bisa dilakukan oleh dokter spesialisasi genekologis. Dokter tersebut akan memeriksa dengan saksama untuk mengetahui riwayat penyakit kista dari awal hingga kondisi terbaru. Dokter dapat mempredikinya berdasarkan bentuknya, isinya, konturnya, bersekat atau tidak, berbentuk padat atau tidak, dan lain-lain.

Pemeriksaan

Pemeriksaan morfologi kista dilakukan dengan pemeriksaan fisik dan juga bantuan alat ultrasonografi. Darah pasien juga dicek untuk mengetahui kadar tumor marker. Tumor marker ini dilakukan untuk mengetahui derajat keganasan kista yang berbentuk tumor ini. Hal ini juga dilakukan sebagai tindak lanjut dari efek terapi dari kista tumor pada rahim. Jadi, pemeriksaan ini dapat mengetahui tentang apakah kista tumor ganas diderita oleh pasien atau tidak.

Gejala

Penderita kista dapat saja mengalami tanda tumor ganas. Jika gejala-gejala ini dirasakan oleh seorang wanita, maka langkah yang paling tepat adalah segera memeriksakan diri pada ahlinya, yaitu dokter spesialis genekologi. Berikut gejala-gejalanya.

  1. Penderita biasanya mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis sehingga tubuhnya terlihat seperti menyusut dan terlihat kurus.
  2. Seluruh tubuh terasa tidak bertenaga dan sangat lemah, letih, dan lesu. Gejala ini dikenal pula dengan gejala fatigue.
  3. Terjadi pendarahan yang jauh lebih banyak dibandingkan saat menstruasi. Darah seakan terus-menerus mengalir tiada henti hingga memungkinkan penderita mengalami gejala kurang darah.
  4. Nyaris tidak nampak merah merona pada pipi atau kulit yang segar dan cerah. Hal ini diakibatkan oleh gejala kurang darah akibat pendarahan dalam jumlah yang banyak dan membuat wajah terlihat pucat pasi.
  5. Tumor berbentuk padat sebagian atau keseluruhannya. Sebenarnya, gejala ini bisa diindikasikan tumor jinak, tetapi persentasenya jauh lebih kecil dibandingkan dengan vonis kista tumor ganas pada bentuk tumor seperti ini.

Uraian tersebut rasanya cukup untuk menjawab pertanyaan “Apakah kista tumor ganas”. Semoga bisa membantu Anda untuk mewaspadai berbagai gejalanya sebelum terlambat. Kista tumor ganas termasuk kista yang berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian.

 

Loading...
Selanjutnya : Cara Mendekorasi Kamar Anak Perempuan dengan Foto-Foto
Sebelumnya: Cerita Mistis Kereta Bintaro
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar