Apakah Manfaat Ilmu Perbintangan Bagi Masyarakat Mesir Kuno


Sejak zaman dulu kala Mesir telah memiliki peradaban berupa peninggalan-peninggalan yang sangat menakjubkan dan masih menjadi suatu keajaiban bahkan hingga saat ini. Salah satu julukan yang diberikan bagi Mesir adalah “Egypt is the gift of nile” bahwa Mesir merupakan hadiah Sungai Nil karena sungai Nil memberikan andil bagi Mesir Kuno dalam membangun peradabannya.

Daerah di sekitar sungai Nil merupakan daerah pertanian yang sangat subur sehingga mampu menjadi penopang hidup bagi rakyat Mesir dan dari sanalah dibangun peradaban Mesir sehingga mengenal berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi. Lalu apakah manfaat ilmu perbintangan bagi masyarakat Mesir Kuno.

Masyarakat Mesir Kuno

Masyarakat Mesir Kuno kebanyakan tinggal di daerah sekitar sungai Nil karena di sana memiliki tanah yang subur sehingga mudah ditanami apa saja. Mereka dapat bercocok tanam dan membuat peralatan pertanian. Dari sanalah masyarakat Mesir Kuno membangun pusat pemerintahannya, yaitu sejak 4000 SM dengan pusat pemerintahannya berada di Kota Memphis.

Raja Mesir disebut Pharao atau dalam bahasa Arab disebut Firaun yang memiliki arti rumah besar. Sebagai raja, ia memiliki kekuasaan yang absolut dan sangat berpengaruh dalam mengatur pemerintahan bahkan dalam hal agama.

Tingkatan yang ada di kehidupan Mesir yang paling tertinggi adalah Firaun dan keluarganya yang hidup dengan kemewahan dan berlimpah harta. Pada posisi kedua tertinggi diduduki oleh kaum bangsawan yang masih hidup dalam kemewahan dan posisi ketiga adalah para pedagang dan penguasa yang hidup di kota karena mereka menguasai perdagangan sehingga dapat hidup dengan baik.

Namun kehidupan yang kurang baik dialami oleh para petani yang sebagian besar penghasilan pertaniannya harus diberikan kepada kerajaan sebagai pajak. Namun kehidupan yang paling menderita adalah para budak yang bekerja untuk raja dan para bangsawan tanpa diberi upah.

Peradaban Mesir Kuno

Bukti-bukti peradaban Mesir Kuno sangat banyak dan sangat mengagumkan sehingga bukti-bukti tersebut menjadikan Mesir sebagai salah satu pusat peradaban dunia. Di antara bukti-bukti adanya kemajuan peradaban Mesir Kuno di antaranya:

• Perkembangan Tulisan

Masyarakat Mesir Kuno telah mengenal tulisan sejak 4000 tahun sebelum masehi. Mereka menulis dengan memahatkan pada batu, kayu atau pada daun papirus.

• Perkembangan Ilmu Perbintangan atau Astronomi

Ilmu perbintangan dimanfaatkan oleh masyarakat Mesir Kuno untuk kehidupan agrarisnya atau dalam hal bercocok tanam. Karena sebagaimana yang kita tahu bahwa masyarakat Mesir Kuno banyak mengandalkan bidang pertanian dan bercocok tanam sehingga harus menentukan musim yang baik untuk bercocok tanam dan untuk itu mereka menggunakan ilmu perbintangan. Dari sana juga akhirnya mereka dapat membuat penanggalan kalender yang terdiri dari 12 bulan.

• Seni Bangunan Arsitektur

Perkembangan seni bangunan arsitektur dengan adanya piramida dan spink.
Berdasarkan penjelasan di atas dapatkah Anda menjawab apakah manfaat ilmu perbintangan bagi masyarakat mesir?

Selanjutnya : Apakah Kelinci Berbulu Kasar?
Sebelumnya: Mencari Universitas Magister Sastra Inggris di Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar