Apakah Nama Hasil Hutan yang Digunakan untuk Kerajinan Tangan?


Apakah nama hasil hutan yang digunakan untuk kerajinan tangan? Kayu dan rotan. Bangsa Indonesia mempunyai hasil hutan yang cukup berlimpah walaupun banyak yang diambil dengan cara yang tidak benar. Kerajinan dari kayu ini bahkan telah menjadi barang ekspor yang cukup menjanjikan.

Kerajinan dari Kayu

Selain bisa dibuat menjadi meja, kursi, lemari, kayu juga bisa dibuat menjadi nampan, wadah buah, piring, mangkuk, dan bahkan gelas. Dengan polesan yang cantik, peralatan makan dari kayu ini cukup menjanjikan. Untuk peralatan memasak pun bisa dibuat dari kayu. Kekuatan kayu cukup  untuk digunakan membuat alat pengaduk super besar.

Peralatan memasak ukuran besar ini dibutuhkan oleh industri katering atau ketika sedang memasak di dapur umum. Di daerah dengan tingkat gotong royong yang tinggi, memasak bersama pada saat perhelatan besar seperti pernikahan dan penyambutan tamu agung, membutuhkan alat masak yang tidak biasa.

Kayu juga bisa dibentuk menjadi ornamen penghias dinding atau pagar. Bentuk serat kayu yang indah pun bisa dijadikan pemanis ruang tamu. Untuk pagar, kayu bisa menjadi pelengkap agar terlihat lebih alami. Harga kayu yang bagus memang mahal tetapi dengan perlakuan yang tepat, kayu bisa tahan selama ratusan tahun.

Selain memberikan nuansa yang alami, kayu memberikan kesejukan dan kenyamanan dalam rumah. Ornamen kayu memberikan energi yang baik sehingga rumah lebih hangat. Berbeda dengan rumah yang terlalu banyak ornamen besi. Besi yang terkesan gagah ini memberikan suasana yang lebih panas. Untuk itulah, kerajinan dari kayu tetap menjadi salah satu primadona dalam dunia perabotan rumah tangga.

Kerajinan Dari Rotan

Jadi apakah nama hasil hutan yang digunakan untuk kerajinan tangan? Rotan pun bisa dimanfaatkan untuk pembuatan perabotan rumah tangga. Mulai dari ornamen untuk  ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, hingga dapur. Rotan pun bisa dibentuk menjadi apa saja seperti peralatan makan. Tatakan piring dan gelas,  tikar, pembungkus toples, pengganti korden, dan lain-lain.

Rotan yang bagus pun bisa dibuat sebagai alas tempat duduk. Kekuatan rotan ini cukup baik. Sayangnya memang rotan Indonesia semakin berkurang. Adanya larangan menjual rotan langsung tanpa diolah merupakan salah satu upaya meningkatkan produk jadi dari rotan.

Selanjutnya : Aplikasi Kain Flanel
Sebelumnya: Puisi Bertemakan Ayah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar