Apakah Semua Rangka Sepeda Ada Kelebihan dan Kekurangannya?

Apakah semua rangka sepeda ada kekurangan dan kelebihannya? Itu harus dipertanyakan jika akan menggunakan sepeda Anda atau ketika akan membelinya. Jika tidak lengkap rangkanya, misalnya tidak ada rem maka bisa menyebabkan kecelakaan. Seperti apa rangka sepeda itu? Berikut penjelasannya.

Pertimbangan Membeli Sepeda Berdasarkan Rangka

Saat membeli sepeda saat ini Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan dalam memilih rangka. Apakah akan memilih rangka dengan material karbon atau aluminium. Namun sebenarnya rangka sepeda bukan hanya dua bahan tersebut. Akan tetapi dua material tersebut yang sangat mendominasi material sepeda pada zaman ini.

Kedua rangka tersebut memiliki perbedaan, antara lain.

1. Bobot

Umumnya bobot dari rangka karbon lebih ringan dibandingkan aluminium. Namun apabila aluminiumnya termasuk high-end bobotnya bisa lebih ringan daripada karbon yang low-end.

2. Ketahanan

Aluminium akan merasakan “letih” setelah berumur 5 hingga 10 tahun pemakaian, sementara itu karbon dapat digunakan lebih lama dibandingkan aluminium. Walau begitu karbon tidak tahan terhadap benturan, apalagi jika sepeda terjatuh. Ada kemungkinan Anda harus menggantinya dengan rangka yang baru.

3. Kenyamanan

Aluminium tingkat kekakuannya tinggi sehingga sangat buruk dalam kenyamanan. Apabila semakin kaku maka getaran saat berjalan akan lebih terasa dari sebelumnya.

Bahan karbon akan unggul dalam hal kenyamanan sebab teknik pembuatannya yang memungkinkan rangka dibuat kaku dibagian-bagian yang membutuhkan, misalnya pada bottom bracket. Juga dibuat lentur dibagian yang seharusnya meredam getaran, misalnya pada bagian seat stay.

4. Bentuk

Rangka karbon bentuknya lebih beragam sebab pembuatnya bebas untuk membentuk cetakan dengan bentuk apa saja. Untuk aluminium harus dilas sehingga bentuknya terbatasi dan membuatnya cenderung seragam.

5. Harga

Urusan harga, rangka aluminium lebih murah dibandingkan karbon. Namun untuk bahan aluminium high end bisa lebih mahal dibandingkan karbon yang entry level.

Kesimpulannya adalah dalam menentukan pilihan antara kedua material tersebut ditentukan oleh budget dan kebutuhan. Jika Anda punya budget yang sangat terbatas tapi ingin punya sepeda yang performanya baik bisa memilih aluminium groupset.

Kebalikannya, jika budget bukanlah masalah bagi Anda dan yang diinginkan adalah sepeda yang nyaman maka pilihlah rangka karbon. Sebagai pertimbangan pilihlah frame dari aluminum high end yang memberikan performa paling baik daripada karbon entry level.

Itulah artikel tentang apakah semua rangka sepeda ada kelebihan dan kekurangannya. Apakah Anda sudah bisa menentukan bahan kerangka sepeda apa yang akan dipilih?

Loading...
Selanjutnya : Episode Naruto Terbaru Selalu Dinanti
Sebelumnya: Apa Saja Sih Drama yang Lucu atau Kocak yang Ada Saat Ini?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar