Apakah yang Dipelajari di Jurusan Sastra?


Jurusan Sastra adalah jurusan bahasa yang membelajari bahasa secara murni. Jurusan Sastra sendiri meliputi beberapa bahasa, contohnya saja Bahasa Jerman, dan Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra murni berbeda dengan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia atau kerap disingkat dengan PBSI. Perbedaan Jurusan Sastra dan Jurusan PBSI adalah materi yang dipelajari di Jurusan Sastra berbeda dengan yang ada di jurusan PBSI. Tahukah Anda, apakah yang dipelajari di Jurusan Sastra?

Namun perbedaan tersebut tidak di semua mata kuliah, namun hanya terdapat dalam beberapa mata kuliah tertentu. Karena jurusan PBSI juga mempelajari tentang dasar-dasar pendidikan, seperti Psikologi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Stategi Pendidikan, Media Pendidikan, dan juga mempelajari tentang linguistik yang terdiri dari Morfologi, Semantik, Sintansis, Ilmu Sastra dan lain sebagainya.

Perbedaan

Lalu, apa yang membedakan PBSI dengan Jurusan Sastra, yang membedakan adalah, semua mata kuliah di sastra, mempelajari tentang sastra dan bahasa. Bisa diibaratkan, sastra adalah ilmu murninya bahasa, sedangkan PBSI sudah ada keterampilan khusus berupa pendidikan.

Di Sastra, Anda akan mempelajari secara tuntas lentang dasar-dasar dari bahasa. Dasar-dasar bahasa yang paling dasar, misalnya saja Fonologi. Pada mata kuliah fonologi akan dipejari bagaimana suatu fonem tersebut dapat terbentuk. Selanjutnya, akan mempelajari Morfologi. Pada mata kuliah Morfologi ada dipelajari apakah morfem tersebut, dan apa saja yang ada di dalam morfem.

Di atas morfologi, selanjutnya ada kata. Tingkatan kata adalah di atas morfem. Karena morfem bisa juga disebut imbuhan, sedangkan kata sudah merupakan suatu yang bermakna. Di atas kata terdapat klausa. Pengertian klausa sendiri adalah kalimat yang paling sederhana. Karena hanya menempati dua kedudukan, dan minimal subjek dan predikat. Selain itu, pada Jurusan Sastra juga dipelajari tentang Linguistik Umum, Linguistik Historis Komparatif, dan mata kuliah linguistik lain.

Sedangkan dalam sastra, akan dipelajari tentang semua dasar sastra, meliputi Sastra Lama, Pengantar Kajian Sastra, Dan Psikologi Sastra, Estetika, Dan Puisi, Cerpen, Kajian Drama, Penulisan Drama, Penulisan Puisi, dan sebagainya. Itulah yang dipelajari di Jurusan Sastra dan juga Jurusan PBSI.

Selanjutnya : Bagaimana Cara Menangani Anak yang Trauma?
Sebelumnya: Berbagai Macam Istilah dalam Pertambangan dan Penjelasannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar