Asal Mula Munculnya Aplikasi Bluetooth

Aplikasi Bluetooth ada dimana-mana. Sekarang handphone mana yang tidak ada aplikasi ini? Sekitar 95% handphone yang terjual saat ini sudah memiliki koneksiBluetooth, berbeda ketika tahun 2008 yang hanya 5% saja. Bluetooth sangat membantu dalam pengiriman dan penerimaan data baik berupa gambar, musik, atau multimedia lainnya antara satu perangkat elektronik dengan perangkat lainnya.

Aplikasi pengiriman canggih ini menjawab kesulitan pengiriman multimedia yang sebelumnya dilakukan dengan menggunakan aplikasi infra-red pada handphone yang mewajibkan dua perangkat harus berdampingan saat pengiriman data.

Asal Nama dan Lambang Bluetooth

Segala sesuatu ada karena ada sejarahnya. Termasuk munculnya aplikasi pengiriman data pada handphone, komputer, dan headset ini. Dia tidak muncul begitu saja. Terkait dengan nama Bluetooth sendiri, aplikasi ini diambil dari nama seorang raja yang bernama King Harald Blatand yang hidup di akhir abad sepuluh. Kiprah raja Denmark ini dalam menyatukan suku-suku yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia juga menyebabkan aplikasi ini hadir di muka bumi.

Dengan filosofi yang sama, yaitu bisa menghubungkan perangkat yang berbeda. Bahkan, wilayah Scania di Swedia yang merupakan tempat kelahiran aplikasi Bluetooth ini juga berhasil dikuasai oleh sang raja. Lambang bluethooth mudah sekali untuk dihafalkan dan dikenali. Lambang ini juga merupakan gabungan dari 2 huruf Jerman yang analog dengan huruf H dan B (merupakan singkatan dari nama Raja Harald Blatand). Huruf Jerman itu adalah    (Hagall) yang identik dengan H dan  (Berkanan) yang identik dengan B.

Sejarah Bluetooth

Bluetooth merupakan teknologi komunikasi tanpa kabel. Bagaimana dia bekerja? Berikut ini merupakan ciri khas aplikasi pengiriman data yang sudah tidak awam lagi sekarang ini.
•    Bekerja pada pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific, Medical).
•    Bekerja dengan memakai sebuah frequency hopping tranceiver dalam jarak 10 meter. Namun, akhir-akhir ini jangkauan aplikasi pengiriman data ini bisa meluas menjangkau sampai 100 meter.

Teknologi Bluetooth pertama kalinya dikenalkan pada tahun 1994 oleh Ericsson, sebuah perusahaan yang berada di Swedia yang melakukan penelitian tentang manfaat teknologi Bluetooth ini. Akhirnya, bersama dengan Nokia, Toshiba, Intel, dan IBM, perusahaan ini membentuk SIG (Special Interest Group) pada tahun 1998. Pada tahun 1999 tepatnya di bulan Juli, SIG merelease spesifikasi Bluetoothversi 1.0 pertama kalinya di dunia. Sekarang ini ada lebih 1800 perusahaan dari berbagai bidang bergabung dalam sebuah konsorsium yang bergerak sebagai adopter teknologi Bluetooth.

Kini, orang dengan mudah sudah bisa menikmati aplikasi Bluetooth ini tanpa kesulitan. Mengirim data berupa gambar, musik, atau yang lainnya bisa dengan mudah dilakukan dengan adanya aplikasi ini.

Selanjutnya : Bagaimana Agar Anjing Pintar?
Sebelumnya: Artikel Penelitan Buku Paket Sebagai Sumber Belajar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...