Aplikasi Kamus Inggris Indonesia untuk PC


Aplikasi kamus Inggris Indonesia untuk PC yang dianggap  terbaik saat ini adalah kamus ebsoft versi 2.04. Tapi sayangnya kamus ini hanya bisa memberikan arti satu kata setiap langkah terjemahannya. Cara ini mungkin saja bisa membantu, namun, jika tidak ada konteksnya, maka pengguna bisa terjebak karena pengertiannya tidak sama dengan konteks kalimat yang ia ingin terjemahkan.

Didesak Kebutuhan

Adanya kamus bahasa Inggris Indonesia untuk PC memang merupakan keharusan. Hal ini didesak oleh kebutuhan. Tidak semua PC terhubung ke internet setiap saat. Apalagi jika ada aplikasi yang mudah dipakai dan bisa memberikan solusi dalam terjemahan dengan cepat. Kemampuan berbahasa Inggris tetap saja harus ditingkatkan. Jangan sampai membuat terjemahan yang lucu dan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Inggris atau pun kaidah bahasa Indonesia. Misalnya, apa yang terjadi pada para pengguna Google Translate. Sering kali terjemahan dari Google Translate memiliki arti yang rancu dan tidak sesuai dengan konteks kalimat.

Misalnya, menterjemahkan kalimat ‘Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin’ dengan menggunakan Google Translate. Hasilnya, ‘Happy Eid. Mohon sorry and unseen.’ Untuk kalimat ‘Happy Eid’, mungkin masih bisa diterima. Tetapi untuk kalimat setelahnya, sepertinya pengguna bahasa Inggris yang baru belajar saja mungkin meragukannya karena terlihat begitu rancu.

Hal inilah yang ditakutkan ketika kamus yang digunakan hanya memberikan terjemahan kata per kata. Google Translate yang sudah mempunyai kemampuan menterjemahkan per kalimat saja, masih memberikan terjemahan yang kurang memuaskan, apalagi hanya satu kata.

Terlepas dari semua kelemahan itu, usaha membuat aplikasi kamus Inggris Indonesia untuk PC ini patut diacungi jempol. Pasti tidak mudah untuk membuat software seperti ini. Apalagi dibagikan secara gratis dengan ribuan kata yang ada dalam aplikasi yang cukup bagus ini.

Adanya kamus ini akan memberikan semangat kepada para penggunanya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris terutama Grammar. Dengan kualitas bahasa Inggris yang bagus, penggunaan kamus Inggris Indonesia pun akan maksimal.

Ada yang Lain

Aplikasi kamus Inggris Indonesia untuk PC  yang lain adalah kamus bahasa Inggris indict. Kamus satu ini bisa dikembangkan lagi. Hal ini karena aplikasi tersebut merupakan aplikasi dengan basis open source. Semoga bermanfaat dan memotivasi Anda untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa.

Selanjutnya : Contoh Cerita Legenda Daerah Nusantara
Sebelumnya: Arti Seni Tradisional Debus dari Banten
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar