Aplikasi Mobile Java

Aplikasi mobile Java adalah sebuah teknologi perangkat lunak yang dicetus oleh perusahaan Sun Microsystems sekitar pertengahan tahun 90-an. Sesungguhnya, pengertian Java itu sendiri adalah sekumpulan teknologi untuk menjalankan perangkat lunak pada komputer yang berdiri sendiri ataupun pada lingkungan jaringan seperti mobile.

Teknologi Aplikasi Java

Java memiliki tiga komponen utama yang mendukung setiap program yang dijalankan, yaitu virtual-machine specification, application-programming interface, dan programming-language specification. Dari tiga komponen tersebut, Java memiliki paket lengkap sebagai sebuah teknologi yang mencakup bahasa pemprograman, aplikasi program antarmuka, dan spesifikasi mesin virtual sehingga mampu membangun berbagai macam aplikasi dan software yang mampu dijalankan pada piranti lunak dengan sistem operasi rendah sekalipun. Untuk lebih jelasnya, simaklah tiga komponen aplikasi mobile Java berikut ini.

1. Java Virtual Machine (JVM)

Java virtual machine terdiri atas satu buah kelas pemanggil dan sebuah sumber daya lunak yang menerjemahkan bahasa komputer menjadi bahasa mesin agar dapat dipahami oleh komputer dengan kode arsitektur netral. Sumber daya lunak inilah yang disebut dengan interpreter Java. Interpreter Java mampu menermahkan satu kode byte sekali waktu atau just in time. Kompiler just in time inilah yang akan menurunkan kode byte netral atau neutral bytecodearsitekture untuk host komputer atau mobile.

2. Java Application Programming Interface (API)

Application Programming Interface pada Java terdapat tiga bagian utama, yaitu sebagai berikut.

  • Sebuah standar untuk merancang aplikasi pada desktop komputer dan atau applets dengan bahasa yang mampu mendukung M/K, konektivitas, grafis, keamanan, dan jaringan. Standar ini disebut dengan SE (Java Standard Edition).
  • Sebuah prakarsa API guna merancang aplikasi server dengan dukungan kepada data basic. Prakarsa atau inisiatif ini disebut dengan EE (Java Enterprose Edition).
  • Sebuah aplikasi untuk merancang aplikasi yang dapat dijalankan pada lingkungan hardware yang kecil-kecil seperti handphone, laptop, hingga pager.

3. Java Operating System (OS)

OS pada Java ditulis dalam kombinasi bahasa pemprograman assembly dan C+. Performa yang dihasilkan dari bahasa tersebut mempermudah komunikasi dengan hardware atau perangkat keras.

Dasar Pemprograman Java

Java disebut juga dengan bahasa pemprograman yang portabel karena mampu dijalankan pada berbagai sistem operasi dengan syarat sistem operasi tersebut memiliki JVM atau Java Virtual Machine. Platform Java terdiri atas paket di dalam sebuah lingkungan rutin Java, debugger, dan kompiler yang dipaket dalam sebuah JDK atau Java Development Kit. Agar sebuah program aplikasi Java dapat dijalankan, file ekstensi Java dikompilasi menjadi file bytecode. File tersebut dapat dijalankan dengan JRE (Java Runtime Environtment).

Demikianlah penjelasan dari aplikasi mobile Java untuk berbagai sistem operasi. Semoga penjelasan tersebut memberi manfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Selanjutnya : Cara Mengatur Keuangan Agar Bisa Cepat Beli Mobil
Sebelumnya: Manfaat dan Kawasan Tempat Tinggal Tokek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...