Mengenal Aplikasi Terjemahan Bahasa Inggris ke Indonesia

Bagi pelajar atau mahasiswa tentunya pernah mendengar tentang aplikasi terjemahan bahasa Inggris ke Indonesia. Apalagi bagi orang yang kuliah di jurusan bahasa Inggris. Mungkin bahasa Inggris bagi sebagian orang sangat sulit dipelajari dengan baik dan benar. Namun, setidaknya kita pernah belajar bahasa Inggris ketika duduk di bangku sekolah.

Bahasa merupakan alat komunikasi antarsesama manusia. Bahasa juga merupakan sebuah sistem lambang bunyi arbitrer yang oleh suatu masyarakat untuk berinteraksi dan berkomunikasi serta untuk mengidentifikasi diri masing-masing. Sebenarnya bahasa Inggris ini sama halnya dengan bahasa-bahasa yang ada di dunia ini yang memiliki morfologi dan sintaksisnya masing-masing.

Jika kita sudah menguasai morfologi dan sintaksisnya, akan cukup mudah dalam mempelajari bahasa Inggris. Apalagi sudah menguasai tense atau tensis dalam bahasa Inggris yang terkenal cukup sulit diingat oleh kita.

Aplikasi Terjemahan untuk Komputer

Saat ini ada banyak aplikasi terjemahan yang ada di internet. Aplikasi terjemahan ini memang tidak semuanya mempunyai konten terjemahan ke dalam bahasa Indonesia. Namun, ada beberapa aplikasi yang terdapat terjemahan bahasa Indonesia seperti Google Translate, English-Indonesian Dictionary, dan sebagainya.

Cara menggunakan aplikasi tersebut cukup mudah. Setelah aplikasi tersebut diinstal pada komputer, kita buka aplikasi tersebut kemudian ada kotak dialog untuk mengisi kata yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan oleh user.

Aplikasi terjemahan bahasa Inggris ke Indonesia ini biasanya hanya berupa trial atau dengan batas waktu tertentu. Artinya, jika sudah diinstal, aplikasi tersebut berlaku dalam beberapa bulan atau hari saja. Setelah itu, tidak bisa dipakai lagi atau kita diharuskan untuk membayar dengan jumlah tertentu jika ingin selamanya dapat dipakai.

Aplikasi Terjemahan dalam Browser

Bagi pengguna browser Firefox, Google, Internet Explorer, atau lainnya pastinya mengenal dengan namanya ekstensi atau add-on yang ada dalam browser masing-masing. Sebenarnya ekstensi atau add-on ini adalah sebuah aplikasi yang terintegrasi pada browser yang kita gunakan.

Ada banyak ekstensi atau add-on dalam setiap browser untuk aplikasi terjemahan. Salah satunya adalah Google Translate. Google Translate ini merupakan aplikasi bawaan dari browser Google. Cara menggunakan aplikasi ini pun sangatlah mudah karena kita tinggal menuliskan atau mengetikkan kata atau kalimat yang akan diterjemahkan ke dalam sudatu bahasa tertentu.

Kelebihan aplikasi terjemahan ini adalah banyaknya bahasa yang dapat diterjemahkan. Akan tetapi kelemahannya adalah kita harus tetap tersambung ke internet ketika akan menerjemahkan bahasa tertentu. Demikian sekilas tentang aplikasi terjemahan bahasa Inggris ke Indonesia yang dibahas. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Artikel Etika Politik Pancasila dalam Kehidupan
Sebelumnya: 7 Unsur Kebudayaan Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar