Aplikasi yang Terbanyak Digunakan Masyarakat

Aplikasi komputer merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk mempermudah sebuah pekerjaan. Ada beberapa aplikasi yang terbanyak digunakan masyarakat, antara lain sebagai berikut.

1. Microsoft Office

Microsoft Office merupakan aplikasi program komputer yang digunakan untuk berbagai keperluan kantor. Sebagaimana namanya, program ini hanya dapat diinstal di dalam program Microsoft Windows dan tidak dapat diaplikasikan ke dalam program lain seperti Linux atau Mac. Untuk Linux, terdapat program sejenis yang disebut dengan Open Office org. Program Microsoft Office sendiri terdiri atas beberapa program, yaitu sebagai berikut.

a. Microsoft word

Microsoft word merupakan program untuk menulis. Program ini dapat menghasilkan tulisan dengan berbagai fitur yang terdapat di dalamnya seperti pengeditan, jumlah kata dan karakter, karakter huruf, format paragraf, dan sebagainya. File disimpan dalam bentuk dokumen.

b. Microsoft Excel

Program ini diperuntukkan sebagai program untuk administrasi keuangan dan semua yang membutuhkan tabulasi dan olah data perhitungan. Namun, program excel juga sering digunakan untuk membuat laporan yang berbentuk tabulasi. Bagi para akuntan, program ini mutlak dibutuhkan.

c. Microsoft Power Poin

Porgram Microsoft Power Poin merupakan sebuah porgram untuk membuat slide presentasi yang digunakan ketika melakukan presentasi. Program diperkaya dengan aneka tampilan antara lain font yang beragam, warna desain dari setiap tampilan yang dapat diubah sesuai selera melalui template desain yang sudah disediakan atau dengan memperkaya melalui download template yang disediakan di internet secara online. Dalam pembuatan power poin dapat disisipi gambar, tabel, suara, dan sebagainya. Bagi yang sudah ahli membuat power poin, maka tampilan akan menjadi lebih kaya dan hidup dengan permainan animasi yang telah disediakan pula di dalam software tersebut. Pembuat slide tinggal memilih tipe animasi yang akan dibuat.

d. Microsoft Office Visio

Khusus untuk program Microsoft Office 2007 ke atas, terdapat program edit diagram sekaligus untuk dibagikan ke beberapa lokasi seperti website, blog, e-mail, media sosial, dan sebagainya. Program ini memudahkan pembuatan diagram dengan adanya berbagai template yang sudah disediakan dengan format dan struktur bagan yang jauh lebih lengkap dibandingkan menggunakan Microsoft Word yang jauh lebih kompleks.

e. Microsoft Office Tools

Dalam program ini terdapat berbagai subprogram lainnya seperti Microsoft Clip Organizer, Microsoft Office Picture Manager untuk mengedit gambar dan lain sebagainya. Namun, aplikasi yang terbanyak digunakan masyarakat adalah Microsoft Office, yang banyak digunakan adalah Microsoft Word, Excel, dan Power Poin.

2. Adobe

Adobe merupakan program yang banyak digunakan oleh masyarakat. Dalam adobe terdapat banyak sekali program, dan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah sebagai beriku.

a. Adobe Photoshop

Program ini digunakan untuk melakukan edit foto dengan berbagai fitur dan fasilitas di dalamnya.

b. Adobe Flash

Program ini digunakan para pembuat presentasi yang lebih canggih dengan adanya flash movie yang membuat tampilan menjadi lebih hidup.

c. Adobe PDF Reader

PDF merupakan program untuk membaca sebuah dokumen yang telah dikemas secara khusus menggunakan program PDF. Format PDF relatif lebih rapi, memiliki keamanan yang bagus karena bagi pembuat dokumen yang tidak ingin dokumennya disitasi tanpa izin, dapat mengunci dokumen sehingga tidak dapat disalin dengan bebas.

Demikian penjelasan tentang aplikasi yang terbanyak digunakan masyarakat. Semoga bermanfaat.

 

Selanjutnya : Yuk, Intip Kiat Melahirkan dengan Mudah!
Sebelumnya: Arti Kata-kata Perpisahan dengan Orang Terkasih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini