Arti Abdurahman dalam Islam


Arti Abdurahman adalah ‘hamba yang penuh kasih sayang’. Tak ada seorang pun di dunia ini yang tak memiliki nama, bahkan hewan tumbuhan dan benda mati sekalipun akan memiliki nama sebagai identitas diri. Para orangtua berusaha memberikan nama-nama terbaik untuk putra putri mereka karena nama adalah doa dan harapan.

Pemberian Nama

Pemberian nama haruslah memiliki ketentuan sehingga tidak salah dalam maknanya . Abdurahman adalah sebuah nama yang sering kita jumpai karena nama ini memiliki makna yang indah dan Allah memiliki sifat Ar-Rahman yang selalu diucapkan kaum muslimin dalam asmaul husna dan beberapa ayat suci Al-Quran,  sehingga nama Abdurahman adalah doa dan kebaikan yang mudah-mudahan dapat tercermin dalam pribadi orang yang memiliki nama tersebut.

Nama adalah sebuah doa sehingga setiap orang yang memanggil kita menyebut sebuah kebaikan dan doa bagi si empunya nama. Sehingga tidak sedikit para orang tua memberikan nama mengambil dari nama nabi, sahabat nabi, ataupun asma Allah dan ayat suci Al-Quran . Pemberian Nama memiliki makna yang berarti bagi orangtua.

Nama adalah sebuah harapan, kelak orangtua yang memberikan nama bermakna kepada anaknya sangat berharap akhlak, kepintaran, dan kebaikan seperti nama yang mereka berikan. Sebuah harapan orangtua kadang tercermin pada pemberian nama untuk anak-anak mereka.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memberikan sebuah nama untuk anak, atapun yang lainnya:

  1. Memiliki arti yang baik
  2. Tidak mengandung arti yang buruk walaupun terdengarnya indah.
  3. Tidak memberi nama dengan nama-nama yang diharamkan seperti nama Fir’aun, Latta, atau Uzza.

Dalam sebuah hadist mengatakan bahwa sebaik-baiknya sebuah nama ialah Abdullah dan Abdurrahman. Arti Abdullah adalah ‘hamba Allah’ sedangkan arti nama Abdurahman adalah ‘hamba Allah yang maha penyanyang. Sebuah kata yang selalu diucapkan dalam surat Al-Fatihah mengagungkan betapa Maha Penyayang-nya Allah.

Arti Abdurahman memiliki makna yang luas sebagai hamba Allah yang maha pemurah. Pemurah dalam ilmu dan amal tentunya. Karena artinya yang menggambarkan kasih sayang sehingga nama Abdurahman tidak hanya untuk nama seorang anak laki-laki, namun beberapa tempat menggunakan nama itu. Seperti mesjid Abdurahman, sekolah tinggi agama islam Abdurahman, bahkan Adurahman terdapat dalam nama jalan yaitu jalan Abdurrahman Saleh Semarang atau jalan Abdurahman Saleh Bandung.

Allah Bersifat Ar-Rahman

Allah bersifat Ar- Rahman yang tidak pernah henti memberi kasih sayang-Nya untuk seluruh makhluk yang ada di alam ini. Arti Abdurahman untuk sebuah nama diharapkan dapat mencerminkan pribadi yang sesuai dengan namanya. Menjadi pribadi yang penuh kasih sayang dan pemurah.

Selanjutnya : Macam-macam Jenis Jahit untuk Luka
Sebelumnya: Cara Mengobati Keputihan seperti Putih Susur dengan Bahan Alami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar