Arti Bagian dari Sel Tumbuhan


Tumbuhan adalah bagian dari makhluk hidup yang ada. Sehingga dengan ini, di dalam tumbuhan terdapat pula sel kehidupan. Arti bagian dari sel tumbuhan akan dibahas di dalam artikel ini. Mari kita simak penjelasannya dengan seksama.

Sel Tumbuhan

Sel adalah bagian terkecil yang ada di dalam makhluk hidup. Sel tumbuhan memiliki persamaan dan perbedaan dengan sel yang ada di makhluk hidup yang lain. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai bagian inti sel tumbuhan yang ada.

1. Dinding Sel

Keberadaan dari dinding sel inilah yang membuat struktur sel tumbuhan menjadi berbeda dengan sel hewan. Dinding sel ini adalah bagian dari sel tumbuhan yang memberikan perlindungan kepada sel yang ada, mempertahan bentuk dari sel tersebut dan juga mencegah terjadinya penghisapan air secara berlebihan yang dapat terjadi di dalam sel.

2. Protoplasma

Bagian ini adalah bagian yang memiliki kehidupan di dalam sel tumbuhan. Di dalam protoplasma ini terdapat empat bagian utama yaitu sitoplasma, nukleus, vakuola dan bahan ergastik.Protoplasma terdiri dari sitoplasma dan nukleus yang juga disebut dengan inti sel.

Sitoplasma adalah bagian dari sel yang cair atau berisikan dengan cairan tertentu. Sedangkan nukleus adalah inti atau tempat berpusatnya segala aktivitas yang dijalankan oleh sel tersebut.

3. Badan Golgi

Bagian sel ini berbentuk pipih danterdapat rongga di dalamnya. Inilah yang akan kita temui dari penampakan badan golgi ini jika dilihat di bawah mikroskop. Fungsi dari badan golgi ini adalah untuk membentuk membran plasma.

Selain itu, juga berperan dalam proses pengangkutan enzimyang telah diproduksi oleh sel. Badan golgi menjadi bagian yang amat penting di dalam keberadaan dari sel karena ia menentukan reaksi kimia apa yang terjadi di dalam sel serta juga menentukan bagaimana struktur dan fungsi yang dijalankan oleh sel tersebut.

4. Plastida

Bagian ini memang ada pada semua sel tumbuhan yang ada. Ada dua jenis dari plastida. Pertama adalah kloroplas yang mengandung klorofil, dan kedua adalah kromoplas yang mengandung pigmen lain. kloroplaslah yang menjadi bagian plastida paling penting karena menentukan kemampuan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.

Itulah arti bagian dari sel tumbuhan yang dapat membuka wawasan dan pengetahuan bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam bagian-bagian sel yang terdapat pada tumbuhan. Tidak hanya kita mengetahui bagian-bagian struktur luar saja, namun bagian terkecil dari tumbuhan pun kita dapat mengetahuinya dengan jelas.

Selanjutnya : Cara Menjaga Kesihatan dalam Kalangan Masyarakat
Sebelumnya: Memahami Nama Marga Korea
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar