Arti Berprestasi

Arti Berprestasi adalah mempunyai prestasi dalam suatu hal atau dalam suatu bidang yang merupakan hasil kerja atau hasil usaha. Definisi berprestasi adalah tindakan seseorang yang berasal dari dorongan dari dalam dirinya atau dari luar dirinya untuk melakukan sesuatu dengan hasil terbaik untuk memperoleh predikat unggul.

Arti kata berprestasi adalah perilaku individu yang selalu mengarah atau diarahkan pada upaya untuk mencapai suatu keunggulan. Pengertian berprestasi adalah aktivitas individu untuk mencapai keberhasilan dengan mengatasi rintangan atau bersaing melebihi prestasi yang lampau atau prestasi orang lain. Tujuan berprestasi adalah mendorong individu serta masyarakat untuk giat, tekun, inovatif, bertanggung jawab. Pentingnya Prestasi adalah menciptakan individu dan masyarakat yang memiliki motif tinggi untuk meraih sukses dan tidak takut berkompetisi.

Motivasi berpretasi adalah dasar penting untuk meraih kesuksesan. Teori ‘Motivasi Prestasi’ David Mc Clelland menyatakan bahwa salah satu motif yang menggerakkan manusia adalah motivasi untuk berprestasi untuk memenuhi kebutuhan mengaktualisasikan diri, kebutuhan sosial, dan kebutuhan memperoleh penghargaan, pengakuan, pujian, serta penghormatan. Motivasi mencapai prestasi membuat seseorang mampu menaklukkan tantangan dan hambatan yang dihadapinya sehingga mencapai kesuksesan.

Ciri Berprestasi

Setiap orang tua ingin memiliki anak yang berprestasi sekaligus siswa yang berprestasi. Arti siswa berprestasi adalah siswa yang memperoleh nilai tertinggi atau kelulusan terbaik di sekolah. Berikut ini cara agar anak berprestasi:

  1. Kenali bakat dan minat anak.
  2. Salurkan bakat dan minat tersebut di lingkungan yang tepat. 
  3. Berikan mentor terbaik untuk mengembangkan kemampuannya dengan optimal.
  4. Ikut sertakan anak dalam berbagai lomba serta ajang pencarian bakat untuk mengasah kemampuan dan jam terbangnya.
  5. Jadilah teladan dan contoh nyata tentang seseorang yang berprestasi bagi anak Anda karena anak adalah peniru yang baik.

Sukses berprestasi dalam pekerjaan penting bagi orang dewasa untuk semakin bersemangat dalam melakukan pekerjaannya dan meningkatkan produktivitas yang bersangkutan sehingga meningkatkan nilai tambah bagi perusahaan atau kantor yang mempekerjakannya. Hadiah atas prestasi kerja berupa bonus, kenaikan gaji, tunjangan adalah faktor yang dapat memotivasi pekerja untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi.

Ajaran agama menuntut manusia untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan lebih baik dari hari ke hari. Karena itu, hidup yang cuma sekali ini mari kita syukuri dan kita isi dengan sebanyak-banyaknya berprestasi karena arti berprestasi Dalam Hidup Manusia akan menjadikan kehidupan lebih bermakna. Dapatkah diaplikasikan? Tentu saja artikel ini adalah rekomendasi yang layak diterapkan, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Penasaran Akhir Cerita Sasuke
Sebelumnya: Teknik dan Cara Modifikasi Motor Yamaha
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading