Arti Budaya Bugis Makassar


Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Tiap suku bangsa memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang berbeda. Adat istiadat dan budaya yang berkembang di masyarakat merupakan hasil warisan dari nenek moyang yang dilakukan secara turun temurun. Salah satunya adalah kebudayaan Bugis dan Makassar.

Tiap budaya pasti memiki makna tersendiri. Namun sebelum kita bahas tentang arti budaya Bugis Makassar ada baiknya kita ketahui dulu apakah yang dimaksud dengan budaya atau kebudayaan. Budaya atau kebudayaan adalah sebuah nilai atau tradisi yang diciptakan dari karya juga cipta manusia dan dilakukan dalam kehidupan mereka secara menyeluruh dan terus menerus. Namun tidak semua tindakan manusia dikatakan sebagai kebudayaan. Hanya tindakan yang mempunyai nilai histori dan filosofi saja yang dapat dikategorikan sebagai kebudayaan.

Masyarakat Bugis dan Makassar adalah masyarakat yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Suku Bugis dan Makassar dikenal akan budayanya. Salah satu budaya Bugis dan Makassar yang cukup terkenal adalah budaya Siri’Na Pacce. Apakah arti budaya Bugis Makassar yang satu ini? Siri’Na Pacce adalah semacam istilah yang mencerminkan watak orang Sulawesi Selatan yang secara harfiah makna arti kata “Siri’ adalah rasa malu atau harga diri sedangkan “Pacce” atau “Pesse” berarti pedih, rasa kemanusiaan, rasa turut bersedih atau kokoh pendirian.

Jadi bila dua kata ini digabung akan bermakna sebagai kemampuan seseorang untuk berempati kepada orang lain untuk dapat mengatasi rasa sedihnya dan agar terhindar dari rasa malu. Ada empat kategori yang dapat menjabarkan struktur kata Siri’ dalam budaya Bugis dan Makassar, yaitu :

1.    Siri’ Ripakasiri’

Siri’ ini berhubungan dengan harga diri pribadi serta harkat dan martabat keluarga. Siri’jenis ini sangat tabu dan pantang untuk dilanggar bahkan demi menegakkan Siri’ hutang nyawa harus dibayar nyawa dan hutang darah harus dibayar darah. Contoh: kasus pembunuhan maka pelakunya harus dibunuh juga.

2.    Siri’ Mappakasiri’siri’

Siri’ jenis ini behubungan denagn etos kerja. Yaitu anjuran untuk bekerja giat agar harkat dan martabat keluarga terangkat dan tidak melakukan sesuatu yang dapat mempermalukan nama keluarga.

3.    Siri’ Tappela Siri’ atau Teddeng Siri’

Adalah rasa malu seseorang akan hilang bila ada sesuatu hal yang dianggap memalukan. Contohnya adalah ditagih hutang.

4.    Siri’ Mate Siri’

Adalah Siri’ yang berhubungan dengan iman. Siri’ ini menjelaskan bahwa orang yang tidak punya iman akan hina dan tercela hidupnya.

Makna yang terkandung dalam budaya Siri’ Na Pacce ini memberi gambaran pada kita bahwa ada banyak makna yang terselubung di balik arti budaya Bugis dan Makassar.

Selanjutnya : Manfaat Shalat Hajat dan Tata Caranya
Sebelumnya: Keunggulan dan Kekurangan VIOS 2003
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar