Arti dan Jelaskan Lapisan dari Troposfer

Siswa sekolah menengah wajib memahami arti dan jelaskan lapisan dari troposfer. Troposfer merupakan salah satu lapisan dari atmosfer. Atmosfer adalah lapisan udara yang terdiri atas senyawa dan unsur gas serta melindungi planet-planet dalam tata surya, termasuk bumi. Atmosfer melingkupi planet dari ketinggian tertentu diukur dari permukaan planet hingga jauh di luar angkasa. Misalnya, atmosfer bumi dapat ditemui pada ketinggian 0 kilometer di atas permukaan tanah hingga 560 kilometer dari atas permukaan bumi.

Pemahaman akan atmosfer bumi pada mulanya untuk mengetahui segala hal yang berkaitan dengan cuaca (tekanan udara, awan, hujan, petir), radiasi matahari, dan fenomena pembiasan. Dari studi tersebut, kita dapat memperoleh sebuah pengetahuan bahwa atmosfer terdiri atas beberapa lapisan dengan karakteristik tertentu.

Dari hasil penelitian diperoleh fakta, bahwa atmosfer bumi terdiri atas lapisan berikut ini.

1. Lapisan troposfer

Lapisan troposfer merupakan lapisan atmosfer terbawah, yang paling dekat dengan permukaan bumi. Terletak sepuluh kilometer diukur dari permukaan bumi, troposfer merupakan lapisan atmosfer paling rapat.

2. Lapisan stratosfer

Lapisan stratosfer merupakan lapisan atmosfer yang terletak tepat di atas troposfer. Radius ketinggiannya berkisar antara 10–50 kilometer di atas permukaan bumi. Stratosfer di antaranya mengandung lapisan ozon yang berfungsi sebagai pelindung bumi dari radiasi matahari.

3. Lapisan mesosfer

Di atas stratosfer adalah lapisan mesosfer, dengan ketinggian 50–80 kilometer. Mesosfer merupakan lapisan untuk memantulkan gelombang elektromagnetik.

4. Lapisan ionosfer (termosfer)

Lapisan ionosfer terletak di atas mesosfer, dengan ketinggian 50–500 kilometer dari permukaan bumi. Suhu lapisan ini mencapai 19820 Celcius karena semakin dekat dengan permukaan bumi

5. Lapisan eksosfer

Lapisan eksosfer adalah lapisan teratas atmosfer. Ketinggiannya di atas 500 kilometer.
Lapisan Troposfer dan Penjelasannya

Jika diharuskan memahami arti dan jelaskan lapisan dari troposfer, maka penjelasannya adalah sebagai berikut.
Lapisan troposfer terdiri atas tiga lapisan, yaitu sebagai berikut.

  1. Lapisan planitair berada pada ketinggian 0–1000 meter dari permukaan laut.
  2. Lapisan konveksi berada pada ketinggian 1000–8000 meter dari permukaan laut.
  3. Lapisan tropopause berada pada ketinggian 8–12 kilometer dari permukaan laut. Pada lapisan ini, terdapat fenomena terjadinya awan, hujan, angin, petir, dan pelangi. Suhu pada lapisan ini berkisar antara -460 Celcius sampai 800 Celcius pada musim kemarau atau panas dan -570 sampai -830 Celcius pada musim dingin. Temperatur yang rendah ini menyebabkan uap air terkurung di bawah lapisan tropopause, mengalami kondensasi sehingga terjadi hujan atau salju.

Di dalam troposfer terdapat gas Nitrogen, Oksigen, Argon dan Karbondioksida sebagai gas mayoritas. Neon, Helium, Methan, Xenon, Krypton, dan Hidrogen sebagai gas yang berjumlah sedikit. Polusi udara berupa asap industri dan knalpot kendaraan berada di lapisan ini

Demikianlah penjelasan tentang arti dan jelaskan lapisan dari troposfer. Semoga dapat menambah wawasan pembaca tentang ilmu astronomi dan geofisika. Semoga bermanfaat.

 

Loading...
Selanjutnya : Menyimak Arti Google
Sebelumnya: Arti Lambang Handphone pada Profil Facebook
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar