Arti dari Bhinneka Tunggal Ika


Secara harfiah, Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi satu jua, tetapi makna yang terkandung di dalamnya lebih dari itu. Maknanya mencakup persatuan dalam keberagaman, persatuan dalam perbedaan, kesatuan di antara ribuan pulau, dan lain sebagainya. Arti dari Bhinneka Tunggal Ika yang sedemikian dalam tidak terlepas dari keberagaman yang ada di Indonesia, yaitu, suku bangsa, bahasa, adat istiadat, budaya, agama, dan masih banyak lagi.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Keberagaman yang ada di Indonesia tidak menjadi penghambat bagi kemajuan bangsa, tetapi merupakan kekayaan bagi bangsa Indonesia, sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang terdapat pada lambang negara Indonesia. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Sansekerta, terdapat dalam buku Sutasoma karangan Mpu Tantular pada masa kerajaan Majapahit.

Pada masa perjuangan kemerdekaan, semboyan Bhinneka Tunggal Ika kerap kali berhasil mempersatukan semangat juang rakyat Indonesia. Bukan hanya di satu wilayah, melainkan di seluruh pelosok tanah air dalam menghadapi penjajah.

Urgensi Bhinneka Tunggal Ika

Di Indonesia setidaknya terdapat lebih dari 300 etnik golongan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Hampir setiap etnik atau suku bangsa memiliki adat budaya sendiri yang unik, juga bahasa daerah masing-masing. Tercatat ada sekitar 102 bahasa daerah di Indonesia. Tapi jika ditinjau dari dialeknya, jumlah ini belum seberapa, di Papua saja terdapat 185 dialek bahasa lokal yang berbeda.

Sebagai alat komunikasi antar suku bangsa, sejak abad ke-13 masyarakat dari berbagai daerah di Nusantara menggunakan bahasa Melayu kuno sebagai sarana berkomunikasi. Bahasa ini terus mengalami perkembangan hingga menjadi Bahasa Indonesia seperti saat ini dan menjadi bahasa pemersatu bagi bangsa Indonesia. Hal ini dikukuhkan dalam peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Persamaan budaya di seluruh wilayah Indonesia adalah adanya kebiasaan gotong royong pada penduduk pedesaan di seluruh wilayah nusantara. Sehingga, kebiasaan ini memicu berbagai faktor pemersatu bangsa, sehingga setiap warga negara Indonesia merasakan persamaan di antara mereka.

Sehingga arti dari Bhinneka Tunggal Ika, tidak hanya sebagai semboyan bagi bangsa Indonesia, tetapi telah menjadi ciri khas bagi kehidupan berbangsa dan bertanah air di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Bagaimana Posisi Istri Di Dalam Rumah Tangga?
Sebelumnya: Produk Pangan Mengandung Asam Amino dan Kandungan Lemak Jenuh Rendah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar