Arti dari Lagu “Tokecang”


Arti dari lagu “tokecang” yang merupakan lagu daerah Jawa Barat ini adalah lagu yang cukup populer tidak hanya di kalangan masyarakat sunda namun juga di luar lingkup masyarakat Sunda. Lagu Sunda Terkenal ini juga sudah beberapa kali diaransemen dengan musik pop agar lebih mudah diterima di masyarakat. Lagu Jawa Barat Terkenal lainnya yaitu “Cing Cangkeling”, “Manuk Dadali”, “Panon Hideung”, “Pileuleuyan”

“Tokek Makan Kacang”

Lagu Sunda “Tokecang” termasuk lagu tradisional Indonesia paling terkenal karena sering dinyanyikan dan digunakan sebagai lagu pengiring permainan tradisional dan sempat dijadikan soundtrack sinetron anak-anak. Lagu daerah “Tokecang” adalah lagu tradisional anak-anak yang sudah menasional mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mengenal lagu ini karena diajarkan pula di berbagai sekolah. Lagu daerah Sunda ini disukai karena berirama riang, bertempo cepat, dengan lirik lagu yang jenaka. Arti dari “Tokecang” sendiri menurut sejumlah orang adalah singkatan dari “Tokek Makan Kacang”.

Arti lirik lagu “Tokecang” mengandung banyak sindiran lucu serta banyak nasihat. Makna lagu “Tokecang” sebagai lagu daerah anak-anak nusantara mengandung berbagai pesan moral yang baik yang dapat menjadi pedoman hidup. Arti Lagu “Tokecang” secara tersurat yaitu berpesan agar anak-anak tidak membuang-buang atau menyia-nyiakan makanan.

Pesan Moral

Namun, terjemahan Lagu “Tokecang” sesungguhnya menyiratkan pesan yang sangat berarti. Lirik Lagu “Tokecang” dan Artinya menceritakan seseorang yang senang makan secara berlebihan atau makan banyak sampai melampaui batas. Pesan moral dalam lagu “Tokecang” adalah makan banyak atau makan berlebihan tidak baik karena hal ini mempresentasikan kerakusan atau keserakahan serta tidak memiliki kepedulian kepada orang-orang di sekitarnya dan hanya mementingkan diri sendiri.

Lagu “Tokecang” asal Jawa Barat ini memiliki makna mendalam bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa terlepas dari manusia lain dan lingkungan sosialnya karena itu dalam hidup manusia dianjurkan untuk senantiasa berbagi dengan sesama. Sayangnya, pencipta lagu “Tokecang” tidak diketahui karena lagu ini tumbuh bersama di dalam budaya masyarakat sunda di Jawa Barat.

Sudah kewajiban kita sebagai generasi muda untuk ikut melestarikan salah satu unsur kebudayaan bangsa yaitu Lagu-Lagu Daerah Nusantara, salah satunya dengan menjadikan Ringtone Lagu “Tokecang” sebagai nada dering di ponsel. Dengan mengetahui arti dari lagu “Tokecang”, semoga dapat menambah kecintaan khususnya generasi muda Jawa Barat kepada lagu-lagu tradisional dari Jawa Barat.

Selanjutnya : Bagaimana Cara Menanggulangi Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja?
Sebelumnya: Cara Membuka Blog yang Terblokir
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar