Arti dari Nilai-nilai Pancasila


Arti dari nilai-nilai Pancasila wajib diketahui dan dipahami oleh seluruh warga negara Indonesia. Pancasila  adalah dasar negara Indonesia . Mari kita liha satu persatu nilai-nilai dari setiap sila dari Pancasila .

Nilai-nilai Pancasila

Arti nilai Pancasila  sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa menyatakan bahwa bangsa Indonesia  merupakan bangsa yang sangatreligius, mengakui, serta meyakini tuhan sebagai pencipta alam semesta. Makna sila pertama Pancasila  ini juga mengakui kebebasan penduduk Indonesia untuk memeluk atau memilih sebuah agama sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing, menghormati adanyakemerdekaan untuk beragama, bersikap toleransi terhadap perbedaan agama, serta tidak adanya perlakuan diskriminatif terhadap agama tertentu.

Arti nilai Pancasila  sila kedua yaitu Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab berarti bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, serta berperilaku berdasarkan nilai-nilai moral. Makna sila kedua Pancasila  merupakan panduan manusia Indonesia dalam bersikap untuk mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan persamaan kewajiban, bersikap tenggang rasa, dan saling mencintai sesama manusia.

Arti nilai Pancasila  sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia merupakan upaya bangsa Indonesia  untuk mengakui dan menghargai keanekaragaman dari sabang sampai merauke serta membina nasionalisme dan cinta tanah air. Makna sila ketiga Pancasila  ini terangkum dalam empat pilar berbangsa dan bernegara yaitu pengamalan Pancasila, undang-undang dasar tahun 1945, negara republik Indonesia, dan bhinneka tunggal ika yang senantiasa disosialisasikan oleh alm. Taufik kiemas.

Nilai Pancasila sila keempat yaitu Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilanmemiliki arti bahwa pemerintahan Indonesia  menganut demokrasi Pancasila. Makna sila keempat Pancasila  berarti pemerintahan diselenggarakan dari pihakrakyat, oleh pihakrakyat, dan bagi rakyat dimana pengambilan keputusan dilakukan melalui musyawarah mufakat dan kepentingan masyarakat direpresentasikan lewat lembaga-lembaga yang berstatussebagaiperwakilan.

Nilai Pancasila sila kelima yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia  merupakan cita-cita luhur dan tujuan bangsa Indonesia untuk mewujudkan bangsaIndonesia  yang adil serta makmur. Makna sila kelima Pancasila  merupakan acuan dalam mengelola sumber daya alam Indonesia  untuk dipergunakan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat dan kesejahteraan sosial.

Lima sila di dalam Pancasila adalah sumber norma hukum dan sumber nilai dimana nilai-nilai utamaPancasila  tersebut dioperasionalkan melalui berbagai peraturan perundangan, kebijakan, keputusan, dan program pemerintah dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Arti dari nilai-nilai Pancasila harus menjadi pandangan dan pedoman hidup serta jiwa dan kepribadian bangsa. Karena itu, setiap manusia Indonesia hendaknya mengamalkan nilai-nilai Pancasila  dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya : Toko Penjual Bahan Tas di Bandung
Sebelumnya: Hukum Agama Tentang Aurat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar