Arti dari P4


Arti dari P4 sangat terkait dengan Pancasila. Arti Singkatan P4 atau Kepanjangan dari P4 adalah Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila. Pancasila merupakan Dasar Negara Indonesia yang menjadi pedoman hidup segenap Bangsa Indonesia. Arti dan Makna P4 terangkum dalam 36 Butir-Butir Pancasila. Tekad kuat untuk melaksanakan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dinamakan Ekaprasetia Pancakarsa.

Definisi P4

Pengertian P4 merupakan pandangan hidup yang disarikan dari nilai-nilai luhur serta merupakan jiwa dan kepribadian serta cita-cita Bangsa Indonesia. Arti Penting P4 merupakan upaya pembinaan moral bangsa sebagai batas-batas pembenaran dalam bertindak dan mengambil keputusan yang harus selalu didayagunakan oleh rakyat dan penyelenggara negara serta menjadi karakter bangsa Indonesia di era globalisasi.

Tujuan Pemasyarakatan P4 adalah aktualisasi Pancasila. Selain itu juga dalam pelaksanaan P4 dalam kehidupan sehari-hari.

Isi-Isi Butir Pancasila diantaranya Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa 7 butir, sila kedua Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab 10 butir, sila Persatuan Indonesia 7 butir, sila keempat Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan atau Perwakilan 10 butir, dan sila kelima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia11 butir.

Pendidikan P4 Zaman Orde Baru merupakankegiatan wajib pada masa orientasi siswa atau mahasiswa baru. Pemerintah saat itu juga rutin melaksanakan Penataran P4 untuk pegawai negeri dan pejabat publik yang diselenggarakan olehBadan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP-7).

Secara filosofis nilai-nilai P4 sangat ideal sayangnya di tataran praksis Penataran Butir-Butir P4. Dilakukan dengan cara indoktrinasi dan tanpa keteladanan yang baik dari para penyelenggara negara.

Belasan tahun sejak Gerakan Reformasi Tahun 1998, krisis moral dan permasalahan multidimensional menggerogoti Bangsa Indonesia diantaranya hutang luar negeri terus bertambah, korupsi merajalela dan dipertontonkan tanpa rasa malu, konflik horizontal antara warga negara, sistem politik multipartai dan koalisi kekuasaan yang tidak prorakyat, serta privatisasi BUMN dan sumber daya alam strategis yangdisebabkan minimnya Implementasi Pancasila pada Era Reformasi.

Menghayati dan mengamalkan serta menggiatkan lagi Penataran P4di semua level pendidikan adalah cara efektif mengatasi krisis di negeri ini. Tentu saja dengan keteladanan yang baik dari para penyelenggara negarauntuk menjadikan nilai-nilai Pancasila dan arti dari P4 sebagai penuntun dan pedoman sikap dan tingkah laku dalam kehidupan bernegara agar terwujudmanusia Indonesia yang PancasilaissertaIndonesia yang lebih baik.

Selanjutnya : Khasiat Sayur Pare untuk Kesehatan
Sebelumnya: Julukan Pemain-Pemain Juventus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar