Arti Doa Tahalul


Arti Doa Tahalul merupakan Rukun Haji dan Wajib Haji sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Fath Ayat 27. Tahalul adalah perbuatan yang membebaskan seseorang yang sedang melaksanakan haji atau umrah dari larangan ihram. Arti dari Tahalul adalah keadaan dimana seseorang diperbolehkan atau dihalalkan melakukan perbuatan yang sebelumnya dilarang selama berihram. Pengertian Tahalul adalah ritual terakhir dari keseluruhan rangkaian ibadah haji atau umrah.

Dua macam Tahalul yaitu:

1) Tahalul Awal adalah keadaan dimana seseorang boleh mengerjakan semua yang dilarang selama ihram kecuali bersetubuh karena sudah melaksanakan dua dari tiga perbuatan seperti Sa’i dan bercukur atau melempar Jumrah Aqabah dan Thawaf Ifadlah atau melempar Jumrah Aqabah dan bercukur; dan

2) Tahalul Tsani adalah keadaan dimana seseorang boleh mengerjakan semua yang dilarang selama ihram termasuk bersetubuh dengan istri atau suami karena sudah melaksanakan tiga perbuatan yaitu melontar jumrah Aqabah, bercukur, thawaf idadlal, serta sa’i.

Syarat Tahalul yaitu memotong atau mencukur sekurang-kurangnya tiga helai rambut setelah selesai melaksanakan rukun ibadah haji dan umrah (ihram, thawaf, sa’i) dengan tertib. Tata cara Tahalul dalam ibadah haji yaitu bagi mereka yang tidak memiliki rambut adalah dengan menjalankan pisau cukur di kepalanya sebagai syarat. Sebaiknya yang mencukur rambut adalah orang yang halal (orang yang telah selesai ihram atau orang yag tidak sedang ihram) dan disarankan tidak mencukur rambutnya sendiri.

Sunnah Tahalul diantaranya:

1) mengubur rambut yang dicukur;

2) mencukur habis rambut bagian kanan dilanjutkan dengan mencukur habis rambut bagian kiri bagi laki-laki;

3) menghadap kiblat saat mencukur rambut;

4) untuk wanita cukup memotong rambut sekedarnya saja;

5) bagi lelaki lebih afdol mencukur rambut sampai gundul atau botak;

6) Tahalul Karena Lupa alias Melewatkan Proses Tahalul maka ia harus membayar Dam atau denda dengan menyembelih seekor kambing, sapi atau unta untuk dibagikan kepada fakir miskin; dan

7) Tahalul Karena Terhalang maka segera kenakan kembali pakaian ihram, membaca niat, dan mencukur rambut.
Berikut ini niat Tahalul, doa ketika Tahalul, doa Tahalul beserta artinya, doa awal Tahalul dan artinya, serta doa selesai Tahalul dan artinya yang merupakan adab berTahalul dalam ibadah haji dan umrah.

Demikian artikel mengenai arti doa Tahalul. Semoga membantu anda untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan ibadah haji ataupun ibadah umrah. Semoga menjadi haji yang mabrur.

Selanjutnya : Cara Menyanyi Falset
Sebelumnya: Bisnis Sandal Murah Meriah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar