Arti Halangan Pada Hari Jum’at

Dalam masyarakat Jawa, terutama masyarakat terdahulu masih mempercayai primbon. Primbon memang dianggap sebuah petunjuk yang berisi tentang apapun yang terjadi pada seseorang. Misalnya tentang tanggal lahir, jodoh, sifat seseorang hingga bab  arti halangan pada hari Jum’at tersaji dalam primbon.

Istilah halangan bagi masyarakat Jawa artinya datang bulan (menstruasi) pada wanita. Dalam primbon, tiap-tiap hari datangnya menstruasi mempunyai ciri dan makna tersendiri. Seseorang yang dapat halangan (menstruasi) pada hari Senin akan berbeda dengan seseorang yang mendapat menstruasi pada hari lainnya.

Beda Hari Beda Makna

Menurut primbon Jawa, seseorang yang datang menstruasi atau halangan ada maknanya. Bahkan tak hanya hari, tanggal datangnya seseorang mendapat menstruasi pun tertulis dalam primbon. Lalu apa saja makna hari dan arti halangan yang datang?

Seseorang yang berhalangan pada hari Minggu bermakna akan berjumpa dengan kenalan lama. Bertemunya bisa di mana saja, baik sengaja ataupun tidak sengaja. Arti halangan pada hari Senin akan mendapat keuntungan. Bisa berupa mendapat bingkisan dari pasangan, mendapat kado dari teman, atau jika Anda bekerja akan mendapatkan bonus dari atasan. Jika Anda pedagang, maka dagangan yang dijual akan laris manis.

Jika halangan pada hari Selasa berarti akan bersuka cita dalam waktu beberapa hari. Dalam beberapa hari misalnya Anda akan dikunjungi oleh saudara jauh yang membawa kabar gembira. Halangan datang pada hari Rabu artinya akan bertengkar dengan seseorang (pasangan, teman, atau sahabat, bahkan orangtua). Halangan hari Kamis artinya akan mendapat kesedihan atau musibah. Arti halangan pada hari Jum’at maknanya akan mendapat kebahagiaan, suka cita, atau kesenangan. Seseorang yang halangan hari Sabtu akan mendapat kejutan.

Percaya Atau Tidak

Primbon memang aturan yang dibuat oleh tetua-tetua zaman dulu. Isi primbon dibuat berdasarkan bentuk pengalaman yang pernah dirasakan oleh mereka. Kalaupun isi primbon terkesan penuh dengan ramalan dan Anda tak ingin mempercayainya, hal itu tidak masalah. Anggap saja kalau primbon hanya untuk pengetahuan saja. Percaya atau tidak adalah pilihan Anda dalam menyikapi primbon.

Terpenting, jangan jadikan primbon sebagai pedoman bagi hidup Anda kalau segala sesuatu yang ada di dalam primbon membuat hidup Anda menjadi tak nyaman. Jadi, Anda tak perlu takut misalnya Anda mendapat halangan pada hari yang akan mendapat kesedihan. Jadi, Anda tak perlu terlalu yakin arti halangan pada hari Jum’at atau hari-hari lainnya

Selanjutnya : Awalnya, Lagu Bunga Terakhir Dinyanyikan Bebi Romeo
Sebelumnya: Artis Artis Hollywood yang Memeluk Agama Buddha
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini