Arti Kartu Merah Dalam Sepak Bola


Arti kartu merah dalam sepak bola adalah bahasa universal dalam peraturan sepak bola yang berupa kartu-kartu dalam permainan sepak bola. Kartu merah dalam sepak bola dan artinya menunjukkan pengusiran seorang pemain oleh wasit dari pertandingan yang posisinya tidak bisa digantikan sehingga menyebabkan anggota tim berkurang satu sehingga kartu merah sangat dihindari oleh tim manapun.

Arti kartu merah dari wasit sepak bola adalah pemain dinyatakan telah melakukan pelanggaran berat dalam sepak bola. Arti kartu merah bagi pemain sepak bola menandakan bahwa pemain tersebut harus keluar dari lapangan dan tidak diperbolehkan ikut pertandingan lagi. Sejarah kartu merah dan kartu kuning dalam sepak bola dimulai pada Piala Dunia 1970. Berikut ini 7 sebab pemain kena kartu merah, diantaranya:

1. Pemain telah dua kali menerima kartu kuning dalam satu pertandingan namun pemain dapat langsung terkena kartu merah ketika melakukan pelanggaran sangat berat.

2. Menggunakan bahasa dan gerak tubuh (gestur) yang kasar, menghina, dan ofensif terhadap lawan main.

3. Melakukan pelanggaran yang merugikan pihak lawan yaitu menggagalkan upaya pihak lawan untuk mencetak gol.

4. Mencegah gol dengan cara menyentuh bola (kecuali kiper) di dalam kotak pinalti.

5. Meludahi pemain lawan, wasit, hakim garis, siapa saja di dalam pertandingan. Meludah ke arah kamera televisi atau ke arah penonton.

6. Melakukan kekerasan fisik dan verbal kepada pemain lawan, hakim garis, wasit atau pihak yang terkait dengan pertandingan selama pertandingan berlangsung.

7. Melakukan pelanggaran berat yang mencederai atau membahayakan pihak lawan.

Arti kartu kuning dalam sepak bola adalah peringatan keras atau sanksi ringan dari wasit kepada pemain. Berikut ini 7 sebab pemain kena kartu kuning, yaitu:

1. Meninggalkan lapangan begitu saja tanpa seijin wasit.

2. Masuk kembali ke lapangan tanpa seijin wasit.

3. Tidak mengikuti aturan ketika melakukan tendangan sudut (corner kick) atau tendangan bebas (free kick).

4. Menunda permainan untuk dimulai kembali.

5. Berulang kali melanggar aturan permainan.

6. Menentang wasit atau memperlihatkan ketidaksetujuan terhadap keputusan wasit lewat kata atau perbuatan.

7. Bertindak tidak sportif.

Arti kartu merah dan kartu kuning dalam sepak bola sangat penting agar pertandingan berjalan dengan tertib dan sportif. Semoga artikel mengenai arti kartu merah dalam sepak bola ini semakin menambah pengetahuan Anda mengenai dunia sepak bola.

Selanjutnya : Pengertian Hit dan Perkembangan Internet
Sebelumnya: Berbagai Jenis Kado Ulang Tahun
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar