Memahami Arti Kata Sosial Budaya


Memahami Arti Kata Sosial Budaya

Arti kata sosial budaya secara terminologis berasal dari dua suku kata “sosial” dan “budaya”. Kata sosial merupakan kata sifat, yang lebih merujuk kepada sebutan kelompok atau masyarakat. Lawan kata sosial adalah asosial yang diartikan tidak peduli kepada urusan masyarakat, dan orangnya sering disebut dengan tunasosial.

Kata sosial untuk penyebutan kelompok misalnya: kelas sosial, organisasi sosial, lembaga sosial, dan sebagainya. Pemakaian kata sosial yang paling mutakhir, barangkali penggunaannya dalam dunia internet yaitu jejaring sosial. Jejaring sosial menggambarkan interaksi orang di seluruh dunia dalam jaringan internet, sebagai wadah “bermasyarakat” di dunia maya.

Sedangkan kata budaya, berasal dari kata buddhayah dalam bahasa Sanskerta. Maknanya secara harfiah adalah akal dan budi manusia. Penyebutan kata budaya sering disinonimkan untuk kata adat istiadat, dan dalam bahasa serapan asing, kata budaya sering dipadankan dengan sebutan kata kultur.

Pengertian budaya secara umum adalah suatu pola hidup secara menyeluruh yang dimiliki dan dikembangkan oleh suatu kelompok atau masyarakat. Pola hidup ini tetap terpelihara secara turun temurun sampai beberapa generasi, yang kemudian melahirkan seperangkat nilai-nilai dan sistem aturan masyarakat tersendiri.

Dengan demikian, membicarakan kata sosial budaya adalah membahas segala hal tentang masyarakat beserta hasil budaya yang dimilikinya. Sosial budaya adalah kondisi masyarakat dengan segala tata nilai sosial, aturan bermasyarakat, termasuk juga sistem ekonomi dan politik yang berkembang dalam masyarakat.

Dalam teori budaya, para ahli mendefinisikan unsur-unsur dalam budaya ada beberapa macam. Yang utama terdiri dari unsur berupa materi atau benda, yang kedua unsur non materi. Unsur materi meliputi segala hasil peradaban berwujud materi, misalnya alat teknologi, alat kesenian, arsitektur bangunan, model senjata atau alat pertanian, artefak budaya, dan lain-lain.

Sedang unsur non materi adalah segala hasil pemikiran atau ide dari masyarakat, yang secara fisik tidak bisa diraba wujudnya. Misalnya tatanan atau norma sosial, norma hukum, lembaga dan organisasi sosial, bahasa, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Jadi, arti kata sosial budaya mencakup semua unsur-unsur yang dijelaskan di atas tadi.

Selanjutnya : Toko-toko Kue di Malang
Sebelumnya: Makna Kata Bijak Ludwig Beethoven
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar