Arti Kemampuan Kognitif, Afektif, Psikomotorik dalam Pelajaran Matematika


Pelajaran matematika adalah pelajaran yang menguras banyak pikiran bagi siswa. Belum banyak siswa yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang asyik dan menarik minat. Untuk itu perlu ditelaah kembali arti kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik dalam pelajaran matematika.

Kemampuan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik

Kognitif merupakan salah satu tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran matematika. Di dalam domain kognitif  terdapat urutan yang harus dilakukan agar tercapai pembelajaran yang ideal.

Ingatan adalah faktor afektif dalam pelajaran matematika. Di sini siswa dihadapkan pada banyak sekali rumus. Bagaimana siswa dapat mengingat dengan baik membutuhkan metode pengajaran dari guru yang bisa bersifat interaktif.

Setelah ingatan, maka siswa diarahkan untuk bisa memahami, sebab saat siswa mampu memahami dengan baik, maka dia juga mudah untuk mengingat. Selanjutnya adalah aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi.

Suatu rumus akan lebih mudah dipahami ketika rumus itu diterapkan dalam bentuk aplikasi. Setelah itu, siswa bisa menganalisis masalah dan mengevaluasinya dengan baik.

Tujuan dari kemampuan afektif lebih diarahkan pada kemampuan bersikap dan menilai masalah yang sedang dihadapi. Kemampuan afektif dikembangkan dalam lima kategori yaitu penilaian, pemeranan, penanggapan, penerimaan, dan pengorganisasian.

Kemampuan untuk menerima dan memerhatikan suatu masalah masuk dalam penerimaan. Dari sinilah siswa bisa meresponnya dalam bentuk penanggapan masalah sehingga kemudian siswa bisa menilainya.

Tujuan kemampuan psikomotor lebih pada acuan keterampilan-keterampilan untuk meraih tujuan pembelajaran matematika. Dalam kemampuan psikomotor bisa diterapkan kombinasi. Matematika bisa dikombinasikan dengan pelajaran lain, misalnya: melukis, musik, dan seni rupa.

Siswa bisa melukis bangun atau membuat bangun lalu menghiasnya. Untuk siswa TK, guru bisa menciptakan lagu bertema matematika agar memudahkan siswa dalam mengingat.

Kemampuan psikomotor dibedakan dalam beberapa bidang ,yaitu: penciptaan, persepsi, respon terpimpin,  mekanisme, adaptasi, respon yang jelas/kompleks.  Dengan menelaah kembali arti kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor tujuan pembelajaran matematika bisa dicapai dengan lebih baik.

Selanjutnya : Para Peneliti Manusia Purba di Indonesia
Sebelumnya: Hikmah Puasa Senin Kamis Menurut Hadist Rasul
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar