Arti Keselamatan Di Tempat Kerja


Arti keselamatan di tempat kerja sangat penting bagi para pekerja. Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adakah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan tenaga kerja secara jasmani maupun rohani untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Standar keselamatan kerja diatur dalam Undang-Undang tentang Keselamatan Kerja No. 1 Tahun 1970.

Definisi keselamatan dan kesehatan kerja merupakan instrumen yang memproteksi perusahaan, pekerja, masyarakat, dan lingkungan hidup dari bahaya akibat kecelakaan kerja. Tujuan program keselamatan kerja adalah menihilkan risiko kecelakaan kerja (zero accident) serta mencegah, mengurangi, menanggulangi terjadinya kecelakaan pada pekerja di tempat kerja.

Faktor keselamatan kerja sangat perlu mendapat perhatian karena proses modernisasi dan industrialisasi identik dengan mekanisasi dan elektrifikasi yang rentan menyebabkan kecelakaan kerja. Arti keselamatan kerja adalah keadaan dimana seorang pekerja dapat terhindar dari bahaya dan sumber-sumber bahaya selama melakukan pekerjaan.

Unsur-Unsur Penunjang Keselamatan Kerja diantaranya: baju kerja, helm, kacamata, sarung tangan, sepatu, buku petunjuk penggunaan alat, rambu-rambu, isyarat bahaya, himbauan, petugas keamanan. Penyebab kecelakaan kerja diantaranya: lingkungan kerja, bahan kimia, peralatan kerja atau mesin, alat angkutan, cara melakukan pekerjaan, dan lainnya.

PT Jamsostek adalah Badan Usaha Milik Negara yang menyelenggarakan Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja dengan menggunakan mekanisme asuransi sosial yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu (kecelakaan, sakit, hamil, bersalin, cacat, tua atau lansia, meninggal dunia). Penyelenggaraan program Jamsostek berlandaskan Undang-Undang Jaminan Sosial Tenaga Kerja Nomor 3 Tahun 1992. Jenis program Jamsostek terdiri atas Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

PT Jamsostek sangat berkepentingan terhadap Program K3 karena minimnya angka kecelakaan kerja berpengaruh pada minimnya klaim yang harus dibayarkan Jamsostek. PT Jamsostek berkontribusi melaksanakan sosialisasi keselamatan di tempat kerja, Penyerahan Alat-Alat pelindung keselamatan kerja, serta pelatihan K3 bagi pekerja dan perusahaan peserta Jamsostek.

Arti penting keselamatan kerja juga didukung oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan mengawasi dan menindak perusahaan yang melanggar Peraturan Ketenagakerjaan dan Norma K3.

Setiap pimpinan perusahaan beserta para pekerja wajib memahami dan menyadari arti keselamatan di tempat kerja dan mematuhi standar K3 di tempat kerja masing-masing. Selain itu, hal yang sangat penting adalah memastikan perlindungan keselamatan kerja melalui program Jamsostek.

Selanjutnya : Cara Mengupdate Antivirus Avira Secara Gratis
Sebelumnya: Membuat Kamar Anak Minimalis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar